PELATIHAN PEMASARAN ONLINE HASIL DIVERSIFIKASI OLAHAN LELE DI DESA TEGAL KUNIR KIDUL, KABUPATEN TANGERANG

Febri Rismaningsih, Asri Nurhafsari, Firda Syafira, Mahastie Sekar Arum

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan pada tanggal 27 September 2022. Kegiatan ini bermitra dengan Dasawisma Tegal Kunir Kidul Jaya, yang merupakan wirausaha baru dan akan memulai usaha di bidang pangan dengan memaksimalkan potensi yang ada di Desa tersebut yaitu budidaya lele di peternakan yang dikelola warga. Pelatihan pemasaran online ini merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan diversifikasi olahan lele sehingga menghasilkan produk yang harus dijual. Kegiatan pelatihan ini penting untuk dilakukan agar mitra dapat mengoptimalkan teknologi untuk mengembangkan usahanya.  Terdapat dua jenis produk hasil diversifikasi olahan lele yang akan dipasarkan yaitu Karolina drumstick lele (KANALE) yang berbahan dasar daging dan kulit lele serta Karolina cheese stick lele (KASTILE) yang berbahan dasar tulang dan kepala lele. Sistem penjualan yang akan dilakukan yaitu pre-order. Penjualan sudah berlangsung 2 tahap, namun masih sebatas word of mouth atau dipasarkan pada lingkungan sekitar saja. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu meskipun akses internet di Desa tersebut sudah baik, namun mitra belum memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memasarkan produknya secara online. Oleh karena itu solusi yang diberikan kepada mitra yaitu melalui sosialisasi dan pelatihan pemasaran online dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam memasarkan produk hasil diversifikasi olahan lele. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi: persiapan, sosialisasi, pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan mitra mengenai pemasaran online yaitu sebesar 94,20%, persentase keterampilan mitra untuk memasarkan produk melalui marketplace 46,75% tergolong sangat baik. Persentase rata-rata motivasi peserta setelah sosialisasi dan pelatihan secara keseluruhan sangat baik yaitu sebesar 88,75%.


Keywords


Diversifikasi; Lele; Pelatihan; Pemasaran; Online

Full Text:

PDF

References


Amar, M. I., Martana, B., Rizal, R., & Hidayati, A. N. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Tentang Pengolahan Hasil Budidaya Ikan Lele Melalui Diversifikasi Pada Olahan Ikan Lele. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 1340–1348.

Ashari, R. G. (2018). Memahami Hambatan dan Cara Lansia Mempelajari Media Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 155–170. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1245

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353

Halidayati, I. (2014). Pengaruh pengawasan internal, pengawasan eksternal dan implementasi anggaran berbasis kinerja terhadap kinerja pemerintah daerah. In Jurnal akuntansi (Vol. 4, Issue 2).

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.19

Nurhajati, L., Sukandar, R., Oktaviani, R. C., & Wijayanto, X. A. (2020). Perbincangan Isu Corona COVID–19 di Media Daring dan Media Sosial di Indonesia. Lembaga Penelitian, Publikasi, Dan Pengabdian Masyarakat, April(Big data Analysis), 1–23.

Palupi, N. K., Holillulloh, & Yanzi, H. (2019). The Influence of Factors Age of Interest and the Capability of Civics Education Teachers In the Use of Ict. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 3.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rismaningsih, F., Agustine, D., & ... (2021). Pelatihan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Desa Rancagong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(2), 57–64. https://doi.org/10.24853/jpmt.3.2.57-64

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2461

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF – 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Febri Rismanigsih, Asri Nurhafsari, Firda Syafira, Mahastie Sekar Arum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.