PELATIHAN ANALISIS RASCH UNTUK MGMP GURU MATEMATIKA KABUPATEN SUMENEP

Anik Anekawati, Mohammad Rofik, Isyanto Isyanto

Abstract


Penilaian yang sering digunakan oleh guru masih menggunakan analisis klasik untuk mengevaluasi instrumen, seperti SPSS dan Anates. Seiring perkembangan IPTEK, penilaian klasik tergantikan oleh penilaian modern yang salah satunya adalah penilaian dengan analisis rasch. Sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) adalah guru MGMP Matematika SMA/SMK di Kabupaten Sumenep. Permasalahannya adalah kebutuhan penguatan konsep evaluasi pembelajaran (pengetahuan) dan kurang terampil dalam pengolahan data (keterampilan) dengan pendekatan rasch model berbantuan software. Tujuan dari pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan terkait evaluasi pembelajaran dan keterampilan mengolah data menggunakan analisis rasch. Metode yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan. Hasil diperoleh berdasarkan uji t berpasangan nilai pretes dan postes terdapat peningkatan pengetahuan signifikan setelah diberi penguatan konsep tentang rasch analisis dengan P-value 0,00. Sedangkan aspek keterampilan terjadi peningkatan signifikan setelah dilakukan kegiatan praktik pengolahan data analisis rasch, dengan P-value 0,00, Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan setelah dilakukan pendampingan dan pelatihan analisis rasch

Keywords


Analisis Rasch; Evaluasi Penilaian; Uji Validitas; Realibilitas

Full Text:

PDF

References


Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Ardiyanti, D. (2017). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 248–263. https://doi.org/10.22146/jpsi.17801

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). PENGGUNAAN MODEL RASCH UNTUK ANALISIS INSTRUMEN THE USE OF RASCH MODEL FOR ANALYZING TEST. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50

Bott, R. (2014). Measurement and assessment in teaching. Igarss, 1(1), 1–5.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomer 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI.

Eka, N., & Hindrasti, K. (2021). PELATIHAN MENYUSUN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS MENGGUNAKAN MODEL RASCH BAGI GURU IPA. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1066

Hamdu, G., Fuadi, F. N., Yulianto, A., & Akhirani, Y. S. (2020). Items Quality Analysis Using Rasch Model To Measure Elementary School Students ’ Critical Thinking Skill On Stem Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 9(1), 61–74. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.20884

Kristiono. (2019). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika (JIPF), 6(1), 72.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Pentingkan Evaluasi Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257.

Purniasari, L., Masykuri, M., & Dwi, R. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KIMIA SMA N 1 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020 MENGGUNAKAN MODEL ITEMAN DAN RASCH. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–2014.

Rachman, T., & Napitupulu, D. (2017). Rasch Model for Validation a User Acceptance Instrument for Evaluating. CommIT (Communication & Information Technology) Journal, 11(1), 9–16.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.

Ratu, I. M. (2021). ASESMEN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERBASIS RASCH MODEL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Skripsi.

Ratu, I. M. (2021). ASESMEN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERBASIS RASCH MODEL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Skripsi.

Sabaryati, J., Isnain, M., & Ilham. (2018). PELATIHAN APLIKASI PERMODELAN KOMPUTER BERBASIS RASH MODEL UNTUK ASSESMENT PENDIDIKAN BAGI GURU-GURU DI PONPES NURUL

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Komunikata Publishing House.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata Publishing House.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2491

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF – 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anik Anekawati, Mohammad Rofik, Isyanto Isyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.