PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN INKLUSI DI TK KUNCUP KARTIKA KABUPATEN SUMEDANG
Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pelaksanaan manajemen TK inklusi di TK Kucup Kartika Kabupaten Sumedang karena ketidaksiapan pengelola dan guru terutama dari segi sumber daya manusia dan sarana prasarana. Tujuan pengabdian ini untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia dan sarana prasarana yang ada di TK Kucup Kartika agar bisa secara optimal menerapkan manajemen TK inklusi. Metode pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan dilakukan dengan cara TNA (Training Need Analysis) untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di TK dalam mengelola TK Inklusi, memperoleh gambaran komprehensif tentang materi, alokasi waktu tiap materi, dan strategi pelatihan yang sebaiknya diterapkan, selain itu dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal pengelola dan guru dalam mengelola manajemen TK inklusi. Selanjutnya tahap pelaksanaan, dimana dalam tahap ini pengelola dan guru diberikan pelatihan dan pendampingan mengenai tiga (3) materi yang berhubungan dengan peningkatan pengetahuan mengenai manajemen TK Inklusi. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi, dimana dalam tahap ini pengelola dan guru diberikan post-test untuk melihat perubahan yang terjadi setelah diberikan pelatihan dan pendampingan. Walaupun pelatihan dan pendampingan yang dilakukan waktunya sangat singkat namun berdasarkan hasil pretest dan posttest saat pelatihan dilaksanakan terdapat peningkatan kemampuan dan pengetahuan manajemen inklusi pengelola serta guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, I. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR SUMBERSARI 1 KOTA MALANG. Education and Human Development Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290
Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 89–101. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.625
Dewi, T. K., & Mukhtar, N. (2022). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Perbandingan pada TK Negeri Pertiwi dan TK Al Husain Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu). JURNAL DARMA AGUNG, 30(2), 469–486. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2103
Gunawan, B. (2022). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN OPERASIONAL BISNIS DAN PEMASARAN TOKO KELONTONG DI BANGUNJIWO KASIHAN YOGYAKARTA. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 329–335. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1795
Hanjarwati, A., & Aminah, S. (2014). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta Mengenai Pendidikan Inklusi. INKLUSI, 1(2), 221. https://doi.org/10.14421/ijds.010206
Harfiani, R. (2021). Manajemen Program Pendidikan Inklusif (Studi Analisis Raudhatul Athfal) (Edisi 1). UMSU Press.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyan:Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1, 60–71.
Kalalo, Debie K. R.Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia. JOTE (JOURNAL ON TEACHER EDUCATION): Research & Learning in Faculty of Education, 4(2), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7520
Kesumawardhani, D. R. (2012). Evaluasi ITGovernance BerdasarkanCobit 4.1 (Studi Kasus di PT Timah (Persero) TBK.
Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876
Rohmah, N., & Fatimah, D. F. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273.
Simorangkir, M. R. R., & Lumbantoruan, J. H. (2021). Aksebilitas Anak Berkebutuhan Khusus di Era Pendidikan 4.0. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 14(1), 204–213. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2901
Subarkah, M. A. (2019). PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–144. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar. Hospitality, Vol.9 No.2, 157–166.
Sutarto, J., Raharjo, T. J., Indaryanti, B., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2022). DESAIN E-TRAINING BERORIENTASI KEBUTUHAN PESERTA PELATIHAN DI ERA SOCIETY 5.0. Konservasi Pendidikan, 1(2), 136–162. https://doi.org/https://doi.org/10.1529/kp.v1i2.46
Utomo, A. P., & Tehupeiory, K. P. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika, 9(2), 38–41.
Wolor, C. W., Solikhah, S., Fidhiyallah, N. F., & Lestari, D. P. (2020). Effectiveness of E-Training, E-Leadership, and Work Life Balance on Employee Performance during COVID-19. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(1), 443–450.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2559
Article Metrics
Abstract view : 253 timesPDF – 148 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ella Dewi Latifah, Lisnawati Lisnawati, Revita Yanuarsari, Sari Rahayu, Ikke Kurniati, Arman Tirtajaya, Waska Warta, R Supyan Sauri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.