EDUKASI EDIBLE FLOWER SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Dwi Endah Kusumawati, Amy Mutiasari

Abstract


SDN Pedurungan Kidul 04 merupakan salah satu penyelenggara kegiatan Pendidikan di Kota Semarang. Penggunaan media dalam mendukung proses belajar mengajar biasanya menggunakan papan tulis dan LCD. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 21 Oktober 2022, dengan sasarannya adalah siswa kelas V. Salah satu materi pada buku Tematik Terpadu adalah makanan sehat. Pengenalan edible flower yang mengandung antioksidan alami dan dapat dimanfaatkan sebagai makanan atau minuman kesehatan perlu untuk diperkenalkan sejak dini guna meningkatkan literasi sains siswa. Berdasarkan situasi belum ada siswa yang mengetahui pemanfaatan edible flower sebagai bunga tidak beracun yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan. Tujuan kegiatan ini adalah mengedukasi siswa terkait edible flower yang mengandung antioksidan alami melalui media pembelajaran yang inovatif, mudah dipahami dan menyenangkan. Edukasi tentang edible flower, jenis-jenis edible flower dan manfaatnya sebagai antioksidan alami disampaikan dengan metode presentasi menggunakan media flashcard. Kegiatan diawali dan diakhiri dengan pembagian kuesioner guna mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil kegiatan, terjadi peningkatan pengetahuan siswa terkait edible flower sebesar 90%, jenis-jenis edible flower sebesar 80%, definisi antioksidan sebesar 80%, dan pemanfaatan edible flower sebagai sumber antioksidan alami sebesar 95%. Artinya, media flashcard terbukti mampu meningkatkan minat dan pengetahuan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Harapannya media flashcard dapat dimanfaatkan guru sebagai salah satu inovasi metode pembelajaran yang menarik, efektif dan menyenangkan


Keywords


Antioksidan; Edible flower; Flashcard; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ariani, L., Miftahurrohmah, N., & Winarti, W. (2020). Peningkatan Pengetahuan tentang Tanaman Obat Keluarga kepada Siswa Sekolah Dasar melalui Konseling, Flash Card, dan Berkebun Bersama. Indonesian Journal of Community Engagement, 6(1), 63–67. https://doi.org/10.22146/jpkm.52576

Choiriyah, N. A. (2020). Kandungan Antioksidan pada Berbagai Bunga Edible di Indonesia. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 136–143. https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.892

Fitriansyah, I., & Muchsiri, M. (2017). PENGARUH FORMULASI TEPUNG BATANG, DAUN DAN BUNGA KECOMBRANG (Nicolaia speciosa Horan) TERHADAP KARAKTERISTIK DAN DAYA SIMPAN CUKO PEMPEK. EDIBLE, 6(1), 6–12.

Handito, D., Basuki, E., Saloko, S., Dwikasari, L. G., & Triani, E. (2022). Analisis Komposisi Bunga Telang (Clitoria ternatea) sebagai Antioksidan Alami pada Produk Pangan. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 4, 64–70.

Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., Permata, I., & Anggraeni, D. (2020). The Utilization of Flashcards in Children Information Literacy Development. Library Philosophy and Practice (e-Journal), 4554.

Nuraini, A., & Suryanti. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBARCODE MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. JPGSD, 10(2), 302–316.

Prabawati, N. B., Oktavirina, V., Palma, M., & Setyaningsih, W. (2021). Edible Flowers: Antioxidant Compounds and Their Functional Properties. Horticulturae, 7(66). https://doi.org/10.3390/horticulturae7040066

Selviyanti, S. S., Ichwanuddin, I., Judiono, J., Suparman, S., & Tiara, D. N. (2019). PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN PESAN UMUM GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG, 11(2), 82–91. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.674

Setiawan, E. (2018). Kandungan Flavonoid dan Serat Sesbania grandiflora pada Berbagai Umur Bunga dan Polong. Jurnal Hortikultura Indonesia, 9(2), 122–130. https://doi.org/10.29244/jhi.9.2.122-130

Wahyuni, D., & Amareta, D. I. (2019). Pengembangan Media Pendidikan Kesehatan Flashcard Anemia. Jurnal Kesehatan, 7(2), 69–74. https://doi.org/10.25047/j-kes.v7i2.73

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.†Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Zen, S., Kamelia, M., Noor, R., & Asih, T. (2022). ETNOBOTANI TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI EDIBLE FLOWER DI DESA BANGUNREJO KABUPATEN TANGGAMUS LAMPUNG. “Digitalisasi dan Edu-Ecoprenuer Berbasis Socio Scientific Issues†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 87–98.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2602

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF – 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Endah Kusumawati & Amy Mutiasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.