PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ACADEMIC WRITING PADA TUTOR BAHASA INGGRIS KELURAHAN PANCOR, KECAMATAN SELONG, LOMBOK TIMUR

ST. Ayu Surayya, Ari Prasetyaningrum

Abstract


Penulisan akademis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pendidik yang mengajar pada jenjang pendidikan formal maupun non-formal. Hal ini sejalan dengan kebutuhan publikasi seorang pendidik demi menyebarkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Untuk itu, dosen dan mahasiswa Universitas Hamzanwadi, khususnya dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris secara bersinergi melaksanakan pelatihan dan pendampingan menulis akademis selama dua bulan, terhitung tanggal 3 November 2022 hingga 7 Januari 2023 secara daring dan luring dengan target pengabdian para tutor bahasa Inggris di kecamatan Selong, Lombok Timur, yakni Fun English Club Course, Best-One Education, dan Bale Beleq English Course. Adapun tahapan dalam pelaksanaan pelatihan ini melalui google meet selama 4 jam, dilanjutkan dengan melaksanakan pendampingan secara intens dengan metode one on one consultation bagi peserta yang tertarik mengikuti kegiatan academic writing. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini berdampak positif bagi para peserta pelatihan dan pendampingan, dilihat dari semangat berdiskusi selama pelatihan dan publikasi karya ilmiah yang berhasil diterbitkan pada jurnal nasional. Selain itu, para peserta juga terlihat antusias memantau lomba kepenulisan yang tersebar di media masa


Keywords


Menulis Akademis Tutor Bahasa Inggris; Pendampingan; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Aini, S., Sadikin, I. S., Lestari, S., Unggul, U. E., & Jeruk, K. (2022). Pendampingan menulis esai deskriptif dan esai pribadi sebagai syarat seleksi beasiswa studi lanjut dan perguruan tinggi luar negeri. Jurnal Abdimas83, 8(3), 156–161.

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan kualitas pendidikan : Program pendidikan profesi guru prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084

Fitriani, S., & Istaryatiningtias. (2018). Upaya meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan academic writing. Prosiding PKM-CSR, 1, 1012–1020.

Hanafiah, W. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui media film. Epigram, 16(2), 149–158.

Klimova, B. (2013). The importance of writing. Parirex-Indian Journal of Reasearch, 2(1), 9–11. https://doi.org/10.15373/22501991/JAN2013/4

Kurniasari, R., Oktiani, N., & Ramadhanti, G. (2018). Pelatihan kerja dalam usaha meningkatkan kinerja karyawan baru pada PT Kusumatama Mitra Selaras Jakarta. Widya Cipta Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 239–246. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta%0APelatihan

Mubarokah, L., Azizah, U. N., & Nugroho, B. N. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 2(9), 1349–1358.

Prahmana, R. C. I., & Lisani, L. (2022). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah menggunakan digital platform pada masa pandemi. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 84–95. https://doi.org/10.25273/jta.v7i1.10727

Safitri, D. E. (2019). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan. Dimensi, 8(2), 240–248.

Sari, I. P., Sari, M. N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan membuat media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 119–126.

Selvi, E., & Untari, D. (2019). Sikap motivasi dan pengembangan jiwa kewirausahaan studi kasus Mahasiswa Politeknik Kridatama. Widya Cipta Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 51–60.

Surayya, Siti Ayu, Prasetyaningrum, A., & Lailawati, L. (2021). Pendampingan optimalisasi penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris sederhana untuk meningkatkan Creativity Quotient. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4172

Surayya, ST. Ayu, Asrobi, M., & Prasetyaningrum, A. (2020). Pendampingan public speaking pada tutor lembaga kursus bahasa Inggris. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 36–45. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2724

Wibawa, W. D. (2020). Analysis hasil evaluasi pembelajaran pada peserta pelatihan dasar CPNS. Jurnal AgriWidya, 1(1), 128–142.

Yulizar, I., & Aminah, S. (2022). Mengapa bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib di Indonesia. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.88




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3059

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF – 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ST. Ayu Surayya, Ari Prasetyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.