PEMANFAATAN OPEN BROADCAST SOFTWARE, GOOGLE CLASSROOM DAN BITLY PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN
Abstract
Teknologi memiliki peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari salah satunya pada bidang pendidikan. Dampak yang sangat dirasakan saat ini di bidang pendidikan setelah masa pandemi covid 19 adalah terjadinya adaptasi perubahan kombinasi sistem pembelajaran yaitu pada sistem pembelajaran secara daring dan luring. Saat ini permasalahan utama yang dihadapi oleh universitas musi rawas adalah proses pembelajaran masih menerapkan media kontekstual dengan menerapkan sistem tata muka. Dari permasalahan tersebut tentunya dibutuhkan teknologi sebagai media yang dapat diterapkan pada sistem pembelajaran daring. Adapun teknologi yang digunakan dalam pembuatan bahan ajar yaitu open broadcast software sedangkan google classroom sebagai LMS yang dapat digunakan sebagai ruang dan evaluasi pembelajaran secara daring sedangkan zoom meeting sebagai media ruang pembelajaran virtual. Adapun metode yang diterapkan pada kegiatan ini adalah metode pendampingan dan praktikum penggunaan aplikasi dengan menerapkan studi kasus yaitu pembuatan bahan ajar. Dari hasil kegiatan melalui pengisian lembar kuisioner kepada 20 peserta sebanyak 5 % telah mengenal aplikasi OBS dan 95% belum mengenal aplikasi OBS. Berdasarkan hasil studi kasus pembuatan bahan ajar menggunakan OBS terdapat 90% peserta mampu membuat bahan ajar dengan memanfaatkan OBS dan 10% belum dapat menyelesaikan pembuatan bahan ajar. Dari hasi umpan balik nilai tertinggi dari workshop ini adalah manfaat kegiatan dan kualitas materi dengan kategori sangat baik yaitu 90% peserta dapat memahami materi yang disampaikan pada kegiatan PkM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dikesuma, H., Informasi, S., Lubuklinggau, N. J., Dempo, L., Alam, P., & Kesuma, H. Di. (2023). DAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN EVALUASI BAGI GURU.
Firman Noor Hasan, Yos Nofendri, Muchammad Sholeh, I. R. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software Bagi Guru. 6(3).
Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601–611.
Halik, A., & Maryam, S. (2019). PKM Pelatihan E-Learning Google Classroom. 1064–1068.
Halil Akhyar, D. M., Rahayu, S., & Ali, M. (2022). DISEMINASI PENERAPAN TEKNOLOGI AUDIO ON DEMAND MELALUI PODCAST. 9(September), 800–809.
Maemunah, M., Wahyuni, S. N., Istiningsih, Putra, A. D., Satya, B., Nurani, D., & Hayaty, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software. 1(2), 61–67. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i2.142
Mansyur, U., Alwi, E. I., & Akidah, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i1.1112
Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021).
OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID 19 penyebaran Covid 19 berupa kebijakan anjuran social distancing ( Yunus & penularan , menurunkan laju dan tingkat penyebaran virus corana yang Pemerintah Indones. 5(3), 836–846.
Retnoningsih, E., Muis, I., & Widiawati, K. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Google Drive dan Google Form Untuk Guru. 1(1), 17–27.
Rosyani, P., Rachmatika, R., Harefa, K., Herry, N. A. S., & Priambodo, J. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi yang Dapat Digunakan Selama Masa Pandemi Covid-19. Community Empowerment, 6(3), 476–479. https://doi.org/10.31603/ce.4525
Sarkity, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio untuk Guru SMAN 1 Bintan Timur. Jurnal Anugerah, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.2944
Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90
Syakur, A., Rikhly Faradisy, & Surahman, F. (2020). PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS DI AKADEMI KEBIDANAN GRAHA HUSADA MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASS ROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19. 2(1), 88–95.
Utami, Y., & Vinsensia, D. (2021). Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Online Menggunakan Google Classroom. 4(1), 8–13.
Yanto, B. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. 12(1), 15–24.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3166
Article Metrics
Abstract view : 174 timesPDF – 93 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hendra Dikesuma, Robi Yanto, Ahmadi, Alfiarini .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.