PENYULUHAN ONLINE MARKETING DALAM UPAYA KETAHANAN EKONOMI MELALUI PENJUALAN UDENG DI KELURAHAN BLOOTO KOTA MOJOKERTO

Zenita Afifah Fitriyani, Dwi Dewianawati, Oktaviani Permatasari, Fajar Budiyanto, Megawati Citra Alam

Abstract


Perkembangan dunia digital saat ini menjadi hal penting dalam dunia bisnis, karena aktivitas komunikasi dengan menggunakan jaringan internet menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga suatu usaha dituntut untuk menjual produknya secara online, salah satunya adalah UMKM Udeng. Namun permasalahan yang terjadi adalah pelaku usaha yang masih belum memahami tentang penjualan online, padahal kemajuan teknologi saat ini menuntut pelaku usaha untuk dapat menjual produknya dengan menggunakan media online marketing, sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan penyuluhan online marketing untuk meningkatkan penjualan produk Udeng. Metode yang digunakan yaitu terdiri dari tiga fase antara lain fase persiapan, fase pelaksanaan, dan fase evaluasi. Adapun hasil pengabdian masyarakat ini yaitu pada fase persiapan dilakukan observasi dan wawancara untuk menggali informasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM Udeng. Pada fase pelaksanaan dilakukan penyuluhan dan diskusi untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya online marketing dan cara mempromosikan produk melalui online marketing. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan peluang yang berpotensi dalam meningkatkan penjualan Udeng


Keywords


Online Marketing; Peningkatan Penjualan; UMKM Udeng

Full Text:

PDF

References


Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi : Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94–107.

DataIndonesia.id. (2022). Pengguna Internet di Indonesia Capai 205 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-capai-205-juta-pada-2022

Deniar, S. M., Pratika, Y., & Effendi, T. D. (2021). Pendampingan dan Pengembangan Produk Udeng Sangga Braja dalam Rangka Melestarikan Ciri Khas Kota Batu. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 166–175. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i2.5171

Fitriyani, Z. A. (2021). Buying Decision: Ditinjau dari Store Atmosphere, Price, dan Word of Mouth Pada Toserba Duta Mojokerto. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 6(1), 103–112. https://doi.org/10.24967/ekombis.v6i1.1147

Fitriyani, Z. A., Santy, Y. J. N., Wikandari, Y. D., & Sholeh, R. (2023). Kampanye Pengelolaan Sampah Dalam Program Lomba Bank Sampah. JPDL : Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.26057

Gunawan, J., Salsabila, A. T., Nisa, K., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Tegalsari. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3543

Islamiyah, A., Ramadhana, A., Safitri, D., Cattleya, M., & Arum, D. P. (2022). Sosialisasi Digital Marketing dan Pengaplikasian Shopee untuk Pelaku UMKM di Kelurahan Bendo. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 81–87. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/income.v1i2.73

Jumiati, Ashriana, A. N., Fitriyani, Z. A., & Pratiwi, E. C. (2023). Pengaruh Media Sosial, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Caption Home Mojokerto. Jurnal Ekobistek, 12(1), 495–499. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v12i1.448

Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136–149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Rahmah, S. A., Antares, J., Satria, W., Amri, & Mutasar. (2022). Sosialisasi Strategi Dan Penerapan Digital Marketing Berbasis Teknologi Informasi Di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia ( Pengabdian kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus ). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maaret 2022, 04(01), 32–37. https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/482/365

Sari, D., Azriya, N., Anum, A., & Devi, H. (2021). Penyuluhan Digital Marketing untuk Usaha Rumahan di Kelurahan Tanjung Baru Kec. Kedamaian. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(02), 88–93. https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1353

Sholeh, R., Fitriyani, Z. A., Waluyo, S. E. Y., Effendi, M. J., Joenarni, E., & Abdillah, A. (2022). Determinan Yang Mempengaruhi Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa. JEAM, April 2022, 21(1), 75–87.

Supriyanto, Yuli Eprianti, & Rabeta, Y. (2022). Sosialisasi Pengembangan UMKM Melalui Strategi Pemasaran Dalam Market Place di Desa Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v5i1.1777

Untari, R. S., Destiana, E., & Liansari, V. (2021). Branding Awarness Udeng Demang Sari Sebagai Icon Kota Delta Sidoarjo. Abdimas, Juni 2021, 25(1), 67–73. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/25631/12373

Waluyo, S. E. Y., Fitriyani, Z. A., & Huda, K. (2022). Konsep Green Economy Terhadap Penjualan Sektor UMKM Melalui Pertumbuhan Ekonomi Kota Mojokerto. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA, 310–326. https://doi.org/10.54683/puppr.v1i0.32

Wibowo, F., Wicaksono, A. P., Muktiadi, R., Badharudin, A. Y., Aji, P., Hamka, M., Fitriani, M. A., Marhendi, T., Satriya, E., & Fauzan, A. (2022). Pemberdayaan ekonomi berbasis digital di kampung sri rahayu binaan lembaga pusat studi dakwah komunitas (PSDK) universitas muhammadiyah purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Reflesia, 5(2), 929–935. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/3498

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Yusuf, M., Fitriyani, Z. A., Abdillah, A., Ardianto, R., & Suhendar, A. (2022). The Impact Of Using Tokopedia On Profitability And Consumer Service. Jurnal Darma Agung, Agustus 2022, 30(2), 559–573. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2273




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3692

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF – 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zenita Afifah Fitriyani, Dwi Dewianawati, Oktaviani Permatasari, Fajar Budiyanto, Megawati Citra Alam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.