Workshop Penyusunan Modul dan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sanggau
Abstract
Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka berdampak pada guru-guru di Indonesia. Hal ini dikarenakan guru merupakan ujung tombak pelaksana kurikulum merdeka. Minimnya pelatihan secara terstruktur, massif, dan hanya menggunakan PMM (Platform Merdeka Mengajar) secara daring membuat sebagian guru mengalami kebingungan dalam penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen pendidikan sosiologi FKIP Untan ingin melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di SMA Negeri 1 Sanggau tentang penyusunan modul dan bahan ajar pada kurikulum merdeka. Tujuan PKM ini agar guru memiliki pemahaman yang utuh dan holistic terkait penyusunan modul dan bahan ajar kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam PKM ini ialah Pendidikan Masyarakat dengan bentuk In House Training (IHT). Peserta pada penelitian ini yaitu 32 bapak/ibu guru. Hasil kegiatan PKM ialah guru antusias mengikuti IHT dan guru sebagai peserta mampu menghasilkan modul ajar dengan mempelajari capaian pembelajaran, merancang pembelajaran berdiferensiasi, dan melakukan asesmen diagnostik sesuai kurikulum merdeka. Secara keseluruhan, ateri yang disampaikan ialah capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan modul ajar. Selain itu, tim PKM juga memberikan penguatan dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial emosional (PSE), melakukan asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif, serta refleksi. Selanjutnya, kegiatan PKM dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktek pembuatan modul ajar serta presentasi hasil modul ajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, D. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 411–420.
Amelia, F. F. (2023). Analisis Frasa Endosentris Cerpen Bulan Kuning Sudah Tenggelam Karya Ahmad Tohari sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Griya Cendikia, 8(1), 91–99.
Diani, D. R., Nurhayati, N., & Suhendi, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2).
Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784
Herawati, L. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Diskusi Kelompok Penyusunan Bahan Ajar Di SD NEgeri 32 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3).
Hidayat, A., Salim, I., & Ramadhan, I. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pbl Pada Pembelajaran Sosiologi Di Ma Almustaqim. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4), 1889–1896.
Mones, A. Y., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Merdeka Belajar: Sebuah Legitimasi Terhadap Kebebasan Dan Transformasi Pendidikan (Sebuah Tinjauan Pedagogi Kritis Menurut Paulo Freire). JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 8(2), 302–311.
Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.
Nawai, K., Imran, I. R., & Suriyanisa, D. (2023). Peran Orang Tua dalam Keberlangsungan Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Perbatasan Malaysia di Desa Merakai Panjang Kabupaten Kapuas Hulu). Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(2), 216–224.
Pratama, S., Ramadhan, I., Hardiansyah, M. A., Wahyudi, A., Febrianty, G. B. S., & Alam, F. (2023). Merdeka Curriculum: Learning Systems and Challenges at Islamic Schools in Pontianak City. 3rd Borneo International Conference on Islamic Higher Education (BICIHE) 2023, 1(1), 90–96.
Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 741–750.
Ramadhan, I., Imran, I., Al Hidayah, R., Prancisca, S., Ismiyani, N., Okianna, O., ... & Juliantara, J. (2022). Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pembuatan Bahan Ajar Elektronik di SMPN 7 Sungai Raya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5021–5024.
Ramadhan, I., Bafadal, M. F., Olendo, Y. O., Dewantara, J. A., Atmaja, T. S., Suriyanisa, S., & Daniel, D. (2023). Pendampingan Orang Tua Dalam Membangun Semangat Belajar Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Di Yayasan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 972–981.
Ramadhan, I., Riama, I., Hidayah, A., Prancisca, S., & Ismiyani, N. (2022). Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pembuatan Bahan Ajar Elektronik di SMPN 7 Sungai Raya. 6(2), 5021–5024.
Sari, P., Bahari, Y., & Asriati, N. (2022). Sosialisasi Partisipatif Guru Sosiologi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 887–892
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.3772
Article Metrics
Abstract view : 258 timesPDF – 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Iwan Ramadhan, Tri Wijaya, Imran Imran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.