PELATIHAN ASERTIF UNTUK MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK AUTIS SPECTRUM DISORDER DENGAN GANGGUAN KOMUNIKASI SOSIAL
Abstract
Pembelajaran psikososial yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan mental yang dipunyai oleh anak autis sangatlah penting dilakukan diantaranya pengetahuan seks dan kekerasan atau penyimpangan. Seiring perkembanagan fisik mereka yang mendekati remaja, pemberian informasi yang lugas dan bisa dimengerti sesuai kategori mareka akan membawa mereka menuju perkembangan yang baik. Sekolah SLB Autis Mitra Ananda menyiapkan anak didiknya melakukan pelatihan asertif untuk mengantisipasi perkembangan yang terjadi. Oleh karna itu, Tim Dosen STIKes Mercubaktijaya Padang telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada anak didik Sekolah SLB Autis Mitra Ananda berupa pelatiahan asertif untuk mencegah kekerasan seksual pada anak autis spectrum disorder dengan kondisi gannguan komunikasi social dengan presentasi bergambar, gerak lagu dan praktek langsung yang mengandung unsur asertif. Pelatihan pengetahuan yang diberikan terdiri dari building rapport, target prilaku, edukasi seks PP, BB dan ISR, edukasi seks IAS dan CM, Non-verbal asertif dan Verbal Asertif. Perbandingan hasil angket pengetahuan awal dibandingkan dengan hasil angket akhir adalah 27.87% pada awal tes menjadi 72.13% pada tes akhir. Peserta didik merasakan pengetahuan yang meningkat setelah diberikan pelatihan asertif dan mereka lebih memahami tindakan pencegahan kekerasan seksual yang mudah dicerna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elfina. (2014). Intellectual disability in health and social care. In Intellectual Disability in Health and Social Care. https://doi.org/10.4324/9781315819129
Elfina. (2019). Cara Belajar Siswa Autisme Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris.
Erikson. E. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatmasari, A. E. (2019). BUKU AJAR PSIKOLOGI KEPRIBADIAN LANJUT: Jilid 1. Agustin ErnFatmasari, A. E. (2019). BUKU AJAR PSIKOLOGI KEPRIBADIAN LANJUT: Jilid 1. Agustin Erna Fatmasari.a Fatmasari, 98.
Harris, R. L. · M. S. H. P. J. W. · R.-D. S. R. V. (2012). When Psychopharmacology Is Not Enough. The Journal of Clinical Psychiatry, 73(06), 887–888. https://doi.org/10.4088/jcp.12.bk07818
Machmudah, Sunanto, & Saleh, N. R. (2021). Pengembangan Moduseksi untuk Anak Retardasi Mental sebagai Upaya Preventif Pelecehan Seksual. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(2), 224–233. https://doi.org/10.32528/ins.v
Morgan, E. (2018). Preventing sexual victimization: An assertiveness training program for female adolescents. 1–138. https://scholarworks.wmich.edu/dissertations/3361
Nugraheni, S., & Tsaniyah, N. (2020). Urgensi Pendidikan Seks pada Remaja Autis. IQRO: Journal of Islamic Education Juli, 3(1), 2622–3201. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro
Palupi, I., & Ayuningtyas, I. (2017). Penerapan strategi penanggulangan penanganan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) pada anak-anak dan remaja. International Conference, 47–56. http://ibks.abkin.org
Pratiwi, E. A., & Romadonika, F. (2020). Peningkatan Pengetahuan Anak Berkebutuhan Khusus Tentang Pendidikan Seks Usia Pubertas Melalui Metode Sosiodrama Di SLB Negeri 1 Mataram. Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 47–52. https://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/453
Ruhma, M., Erni, D., & Setiowati, A. (2017). Pengetahuan Tentang Pedofilia Dan Kecemasan Terhadap Kekerasan Seksual Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Knowledge of Pedophilia and Anxiety on Sexual Violence on Parents With Special Needs Children. 12(2), 59–68.
Solehati, T. (2022). Kebutuhan Informasi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Bagi Orang Tua Di Indonesia : Scoping Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5970–5981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2982
Tateki, Y. T. (2017). Dampak Kekerasan Seksual Di Ranah Domestik Terhadap Keberlangsungan Hidup Anak. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 41(1), 77–92.
Wahida, D., & Paramastri, I. (2020). Prevensi Kekerasan Seksual Pada Anak (KSA). Journal of Psychology Perspective, 2(1), 41–54.
Zahirah, U., Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak Dan Penanganan Kekerasan Seksual Anak Di Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 10. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.21793
Zharifah Arindayani, T. (2021). Stimulasi Psikososial Untuk Mendukung Pengelolaan Emosi Anak Kebutuhan Khusus. Berajah Journal, 2(1), 87–97. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.59
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3929
Article Metrics
Abstract view : 266 timesPDF – 111 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Firdaus Firdaus, Wia Septia, Salsabila Hanifa, Femi Earnestly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.