LITERASI DAN NUMERASI ANAK SEKOLAH SDN 12 TITI PUTIH DENGAN BIJI-BIJIAN DAN DAUN-DAUNAN

Rosnaida Rosnaida, Abdul Rahman, Azizah Mahary

Abstract


Pendidikan dasar memiliki peran sentral dalam membangun pengetahuan dan keterampilan anak-anak, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Literasi (kemampuan membaca, menulis, dan berbicara) dan numerasi (kemampuan berhitung) adalah fondasi penting dalam proses pembelajaran, namun pembelajaran yang tidak menggunakan alat bantu belajar mungkin kurang menarik bagi anak-anak. SD 12 Titi Putih adalah salah satu SD yang berda di Kabupaten Batu Bara dengan tingkat literasi dan numerasi yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya suatu kegiatan untuk memberikan inovasi pada kegiatan belajar literasi dan numerasi di sekolah, khususnya sekolah dasar dengan menggunakan biji-bijian dan daun, yang bertujuan untuk memberi variasi dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Kegiatan ini dilakukan di SDN 12 Titi Putih Kabupaten Batu Bara. Metode yang digunakan untuk PKM adalah dengan melakukan survey, sosialisasi, Pelatihan, dan pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih kemampuan literasi dari numerasi siswa SDN 12 Titi Putih dengan memanfaatkan bahan dari alam seperti biji-bijian dan daun-daunan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa SDN 12 Titi Putih memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan tumbuhan sekitar untuk membuat ecoprint dari daun-daun dan bunga serta hiasan dinding dari biji-bijian, selain itu tingkat literasi dan numerasi siswa juga meningkat dimana siswa belajar sambil bermain.

 


Keywords


Edukasi; Literasi; Numerasi; Biji-Bijian; Daun-Daunan

Full Text:

PDF

References


Abidin, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Akbarjono, A. (2015). Road Map Integrasi Revolusi Mental dan Capacity Building dalam Sistem Pendidikan Nasional. AtTa’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 14 (1). 70-91. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/inde x.php/attalim/article/view/262.

Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII’, Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 64–72. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/173/70

Destriya Andriani, Rakimahwati. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 Issue 2 (2023) Pages 1910-1922. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4243/pdfMiller, 2009)

Dewayani, S., et al. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi Di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, 7(2), 86–94.

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman KanakKanak Kartika I-63 Padang ]. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 49–57. file:///C:/Users/VIVOBOOK/Downloads/503-Research%20Results-1019-1-10-20180227.pdf

Kemendikbud.(2017). tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Lamada. M., Rahman. E.S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Mekom. 6(1): 35-42. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000/7099.

Malapata, E., Wijayaningsih, L., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung, 3(1), 283–293. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Simanjuntak, F., & Siahaan, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Bahan Alam The Efforts to Increase Beginning Calculation Ability by Using Natural Materials. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 47–58. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/921/607

Sujatmiko, P., & Kuswardi, Y. (2019). Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika UNS Tahun Ajaran 2018/2019 Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnam Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 3(1), 501-514. file:///C:/Users/VIVOBOOK/Downloads/38025-94024-1-PB.pdf

Yuliana, E. (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah. https://repository.ump.ac.id/4114/

Yuliani, N. (2009). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. https://onesearch.id/Record/IOS4882.4687/Details

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://core.ac.uk/download/pdf/267946808.pdf




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4010

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF – 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rosnaida, Abdul Rahman, Azizah Mahary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.