PELATIHAN PENGAPLIKASIAN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PADA MEDIA PROMOSI UMKM DULANGKU.ID PALEMBANG

Yosef Yulius, Hestia Rachmat Nunciata Lubis

Abstract


Seiring meningkatnya perkembangan digital marketing, para penggiat usaha harus bisa menerapkan promosi secara digital mulai dari penggunaan logo sebagai merek identitas usaha hingga pengaplikasian logo pada kemasan produk dan media promosi cetak maupun digital. Penggunaan logo sebagai identitas visual merupakan salah satu aspek yang perlu menjadi perhatian agar target sasaran mudah mengenali dan mengidentifikasi suatu merek. Dulangku.id merupakan salah satu penggiat usaha di bidang kuliner yang menjual produk kue tradisional yang dikemas dalam media promosi dengan kearifan lokal. Identitas visual menjadi suatu problematika yang dihadapi oleh para penggiat usaha kecil menengah, karena pada umumnya secara manajerial belum adanya divisi promosi dan desain grafis. Penggunaan logo sebagai identitas visual belum menjadi perhatian khusus, hal ini berdampak pada kelangsungan citra sebuah penggiat usaha dalam pandangan publik. Berdasarkan hal tersebut Dulangku.id berusaha membangun identitas visual dengan melakukan pelatihan kolaboratif dengan tim pengabdian masyarakat tentang pengaplikasian logo pada media promosi yang baik. Pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode design thinking lima tahap. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengedukasi mitra PKM yakni Dulangku.id yang dimana baru memiliki logo, agar mampu memahami akan pentingnya pengaplikasian logo sebagai identitas usaha yang baik dan benar guna mendongkrak penghasilan dari penjualan produk. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini menjadi sarana pembelajaran ilmu desain komunikasi visual pada masyarakat awam terkait pemahaman dasar akan logo


Keywords


Logo; Identitas Visual; Desain Komunikasi Visual; Aplikasi Logo; Media Promosi

Full Text:

PDF

References


Apsari, D., Wibisono Tegar Guna Putra, & Lingga Agung. (2023). Perancangan Standar Manual Grafis dan Pengimplementasiannya pada Visual Kedai Kopi Binaan Komunitas Ambeu Preanger Pangalengan di Kecamatan Pangalengan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.10172

Arwendha, P., Ardiyanto, D. T., & Bahari, N. (2019). PERAN LOGO UMBUL SIBLARAK DALAM BILLBOARD WISATA UMBUL SIBLARAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5865

Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). KONSISTENSI LOGO DALAM MEMBANGUN SISTEM IDENTITAS. Gorga : Jurnal Seni Rupa. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28131

Everlin, S., & Erlyana, Y. (2020). Analisis Perubahan Desain Logo Gojek Tahun 2019. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.11

Febriani, E., Yojana, R. M., Hetharia, D., & Rambung, R. A. (2022). Perancangan logo produk pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15003

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. In Bab 2.

Negoro., A. (1990). Ensiklopedi nasional Indonesia Volume 14. Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka.

Patriansah, M., & Yulius, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Perekonomian Warga Desa melalui Pelatihan Kerajinan Bunga dari Akar Kayu. Abdimas Mahakam Journal, 5(01), 58–66.

Rahman, F., & Budiwirman, B. (2021). Visual Identity Kurnia Furniture Kota Payakumbuh. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual. https://doi.org/10.24036/dekave.v11i4.114756

Rotama, H. (2022). OPTIMASI TINGKAT KETERBACAAN VISUAL MELALUI REDESAIN LOGO OPACITY PHOTOGRAPY. Gorga : Jurnal Seni Rupa. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.39833

Sari, S. L., & Wardoyo Putro, P. U. (2021). JAJANAN TRADISIONAL GO ONLINE: SOSIALISASI MARKET PLACE BAGI PELAKU UMKM JAJANAN TRADISIONAL DI DESA TEMPURSARI KABUPATEN MADIUN. Jurnal Berdaya Mandiri. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1345

Supardianto, S. (2023). Perancangan Corporate Identity dan Graphic Standar Manual Pada Polibatam Software Team. JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING. https://doi.org/10.30871/jamn.v7i1.5340

Wahmuda, F., & Junaidi Hidayat, M. (2020). Redesain Logo dan Media Promosi sebagai. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia.

Yulius, Y. (2021). Pengaplikasian Golden Ratio Pada Perancangan Logo Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya. https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.492

Yulius, Y., & Pratama, E. (2021). Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4016

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF – 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yosef Yulius & Hestia Rachmat Nunciata Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.