PELATIHAN DAN BIMBINGAN TEKNIS PENGGUNAAN APLIKASI AYO LAPOR MANG POLISI DI KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA SELATAN (SUMSEL)

Faradillah Faradillah, Muhammad Fadhiel Alie, Suryati Suryati

Abstract


Kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis penggunaan aplikasi “Ayo Lapor Mang Polisi” ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sebagai langkah awal implementasi program digitalisasi pelayanan SPKT Polda Sumsel bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan dalam mewujudkan layanan yang optimal kepada masyarakat. Kurangnya pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait tindak kriminal yang dialami, minimnya informasi terkait pelaporan dan dokumen terkait membuat layanan pelaporan seakan lamban, melalui penggunaan aplikasi layanan pelaporan diharapkan dapat lebih optimal dirasakan oleh masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberikan wawasan, meningkatkan keterampilan dan menambah informasi terkait Penggunaan aplikasi “Ayo Lapor Mang Polisi” kepada Petugas layanan di lingkungan Kepolisian Daerah dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan. Metode pelaksanaan pada pengabdian ini dilakukan melalui pendekatan secara sosial dalam menganalisis situasi lalu disusun solusi berupa kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis penggunaan aplikasi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan dan rencana. Peserta pada pelatihan dan bimbingan teknis ini mengikuti kegiatan dengan kooperatif dengan cukup interaktif. Beberapa pertanyaan terkait penggunaan aplikasi disampaikan para peserta dan dijawab dengan langsung melakukan simulasi pada contoh kasus. Beberapa kendala seperti perbedaan versi device sempat terjadi namun segera dapat ditanggulangi dengan beberapa pilihan solusi. Kedepannya pendampingan penggunaan aplikasi tetap dilakukan secara informal untuk membantu petugas dan operator dalam mengoperasikan aplikasi saat melayani masyarakat. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kepala SPKT Polda Sumsel dan jajaran, sehingga kegiatan serupa telah direncanakan untuk dilakukan secara berkala sebagai upaya peningkatan layanan SPKT kepada masyarakat

Keywords


Digitalisasi; Lapor; Mang; Polisi

Full Text:

PDF

References


Afriliana, I., Budihartono, E., & Rais. (2021). PENINGKATAN KETRAMPILAN DAN KEMAMPUAN KOMPUTER MELALUI PELATIHAN APLIKASI PERKANTORAN BAGI PERSONEL POLRI TEGAL KOTA. 5(4), 1790–1797. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5045

Anggraini, L. D., & Purnamasari, E. D. (2018). PELATIHAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN LEADERSHIP. 2(1), 45–49.

Arransyah, M. F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & Ismaliana, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. 3(1).

Faradillah, Zulfikar, A. A., & Hidayatullah, M. S. (2023). AYO LAPOR MANG POLISI | Manual Book. https://www.ayolapormangpolisi.com/login

Buchari, R. A. (2016). IMPLEMENTASI E-SERVICE PADA ORGANISASI PUBLIK DI BIDANG PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN CIBANGKONG KECAMATAN BATUNUNGGAL KOTA BANDUNG (Vol. 18, Issue 3).

Faradillah, F., Anggraini, L. D., Purnamasari, E. D., & Alie, M. F. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA UMKM KERUPUK KEMPLANG DESA LEMBAK. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 526–533. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2504

Hadisuwarno, A. E., & Bisma, R. (2020). Analisis penerimaan pengguna aplikasi e-Kinerja dengan metode TRAM dan EUCS pada kepolisian. Teknologi, 10(2), 93–109. https://doi.org/10.26594/teknologi.v10i2.2062

Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131–137. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4052

Kurniawan, R., Yonggi Puriza, M., Arkan, F., Teknik Elektro, J., Teknik, F., Bangka Belitung, U., & Bangka Belitung Korespondensi, K. (2021). Membangun Sistem Informasi Desa untuk Pelayanan Publik Prima Berbasis Cloud Server di Desa Pagarawan Kabupaten Bangka Building a Village Information System for Prime Public Services Cloud-Based Servers in Pagarawan Village, Bangka Regency (Vol. 5, Issue 2). http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Lahaling, H., Makkulawuzar, K., Nur, R., & Insani, N. (2023). Perspektif Masyarakat terhadap Perilaku Oknum Polisi Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di Wilayah Kepolisian Daerah Gorontalo. Al Daulah Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 12(1). https://doi.org/10.24252/ad.vi.37229

Mahendra, G. S., Gede, P., & Cipta Nugraha, S. (2021). PELATIHAN PERANGKAT DESA DALAM PENGGUNAAN SISTEM PENGADUAN ONLINE BERBASIS WEB (EC-RESOLVER) UNTUK MENUJU DESA DIGITAL. 5(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4481

Mulyani, S., Sepriawan, M. R., & Anan, M. (2023a). PELATIHAN MS.EXCEL UNTUK PENGOLAHAN NILAI BAGI GURU–GURU SD AL FITHRIAH MEDAN JOHOR. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 849–856. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2530

Mulyani, S., Sepriawan, M. R., & Anan, M. (2023b). PELATIHAN MS.EXCEL UNTUK PENGOLAHAN NILAI BAGI GURU–GURU SD AL FITHRIAH MEDAN JOHOR. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 849–856. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2530

Mustanir, A., Rais, M., Razak, R., & Mursalat, A. (2021). PEMBERDAYAAN BADAN USAHA MILIK DESA DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PELAYANAN PUBLIK YANG LESS CONTACT. 5(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5410

Setyaningsih, G., Bangkit Bachtiar, R., Anuggilarso, L. R., & Ma’arifah, W. (2021). JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter Pelatihan Implementasi Aplikasi E-Surat Berbasis Mobile. 4(2), 199–208. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb

SPKT Kepolisian Daerah Sumsel. (2023). Standar Pelayanan SPKT Polda Sumsel.

Sutrisno, E. P., & Amini, S. (2023). 3 rd Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) 30 Agustus 2023-Jakarta (Vol. 2, Issue 2).




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4057

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF – 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faradillah, Muhammad Fadhiel Alie, Suryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.