Implementasi Aplikasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru untuk Mendukung Kurikulum Merdeka.

Rahmi Ramadhani, Abdul Meizar, Titim Eliawati, Nuraini Sri Bina, Hida Ratu Nisa

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum pendidikan nasional yang memfokuskan pada pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Integrasi teknologi dalam pendidikan merupakan poin utama dalam mendukung pemenuhan belajar siswa sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Namun, integrasi teknologi dalam pendidikan belum optimal dilakukan, khususnya yang disesuaikan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Integrasi teknologi yang belum optimal disebabkan karena rendahnya keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran berdiferensiasi yang mendukung Kurikulum Merdeka. Merujuk permasalahan tersebut, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru menggunakan aplikasi pembelajaran berdiferensiasi. Aplikasi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan merupakan aplikasi yang dikembangkan dan disesuaikan dengan komponen pembelajaran berdiferensiasi. Mitra kegiatan merupakan guru-guru di SMP Swasta Letjen Jamin Ginting's Berastagi yang berjumlah 20 orang. Metode pelaksananaan kegiatan dilakukan dengan tiga cara, yakni sosialisasi, demonstrasi, dan pendampingan. Angket keterampilan digunakan baik sebelum pelaksanaan kegiatan dan setelah pelaksanaan kegiatan dan dievaluasi serta dijabarkan secara kuantitatif. Evaluasi angket menghasilkan temuan dimana terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berdiferensiasi sebesar 75,16% (kategori Baik). Berdasarkan hasil analisis, maka kegiatan penerapan aplikasi pembelajaran berdiferensiasi direkomendasikan untuk dilanjutkan dalam skala yang lebih luas melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo


Keywords


Keterampilan Mengajar; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Aplikasi; Pembelajaran Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Chen, C. L., & Wu, C. C. (2020). Students’ behavioral intention to use and achievements in ICT-Integrated mathematics remedial instruction: Case study of a calculus course. Computers and Education, 145, 103740. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103740

Fox, J., & Hoffman, W. (2011). The Differentiated Instruction Book of Lists. John Wiley & Sons.

Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES). www.ijres.net

Halimah, N., Hadiyanto, H., & Rusdinal, R. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 5019–5033.

Luo, X. (2021). Cloud Classroom Design for English Education Based on Internet of Things and Data Mining. Mobile Information Systems, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/5555006

Magee, M., & Breaux, E. (2010). How the Best Teachers Differentiate Instruction (1st Editio). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315855257

Mailizar, M., & Fan, L. (2019). Indonesian teachers’ knowledge of ICT and the use of ICT in secondary mathematics teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(1), 1799–1811. https://doi.org/10.29333/ejmste/110352

Meizar, A., Eliawati, T., & Ramadhani, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasis Berbasis Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama. JCES (Journal of Character Education Society), 6(4), 638–649.

Mouta, A., Paulino, A., Ferreira, J., & Couto, F. (2015). Pedagogy As A Techne: Meaningful ICT Integration in Formal Learning Scenarios. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/319184378.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Ndlovu, M., Ramdhany, V., Spangenberg, E. D., & Govender, R. (2020). Preservice teachers’ beliefs and intentions about integrating mathematics teaching and learning ICTs in their classrooms. ZDM - Mathematics Education, 1–16. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01186-2

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Naskah Akademik-Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar (M. Purba, M. Y. Saad, & M. Falah, Eds.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Ramadhani, R., Meizar, A., & Ardiyanti, D. (2020). Penggunaan Sistem Penjaring Informasi Hoaks dalam Menerapkan Pendidikan Anti-Hoaks bagi Guru di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal SOLMA, 9(2), 278–289. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5423

Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E. (2023a). Merging Flipped Classroom Model with the Ethnomathematics Approach: A New Flexibility Learning Model. FWU Journal of Social Sciences, 17(2), 90–106. https://doi.org/10.51709/19951272/Summer2023/7

Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E. (2023b). Model Ethno-Flipped Classroom: Solusi Pembelajaran Fleksibel dan Bermakna (R. Fadhli, Ed.). Indonesia Emas Group.

Ramadhani, R., Syahputra, E., Simamora, E., & Meizar, A. (2022). Design of collaborative cloud classroom (CCCR) for ethno-flipped classroom teaching model. 2022 4th International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), 1–5. https://doi.org/10.1109/ICORIS56080.2022.10031557

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with LMS-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Shi, X., & Yin, Y. (2018). Teacher’s Opinions on the Cloud Classroom. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 236, 189–196.

Tomlinson, C. A. (2017). How To Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (3rd Editio). ACSD.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https:www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4406

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF – 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmi Ramadhani, Abdul Meizar, Titim Eliawati, Nuraini Sri Bina, Hida Ratu Nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.