Bimbingan Teknis Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Guru SMPN 11 Kota Bogor

Hariyadi B Sukamdani, Tatan Sukwika, Nugroho B Sukamdani, Yohanes Sulistyadi, Fauziah Eddyono, Reikman Aritonang

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi mempengaruhi media pembelajaran, sehingga diperlukan adanya pelatihan pembuatan media berbasis teknologi. Kebutuhan penyediaan bahan pengajaran seperti menggunakan aplikasi Canva bagi guru tidak terlepas dari kegiatan rutinitas di sekolah. Bahan pengajaran yang efektif selain dianggap lebih praktis dan mudah digunakan. Namun demikian tidak semua pengajar di sekolah menggunakan aplikasi canva sebagai pendukung media pembelajaran. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui bimbingan teknis ini adalah untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan guru SMPN 11 dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Metode PkM menggunakan pendekatan interaktif dan sosialisasi membangun memotivasi, tahapan rencana pelaksanaan, dan prosedur kerja yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi. Bimbingan teknis Canva ini dilaksanakan pada bulan April 2024 dan diikuti oleh 10 peserta. Kegiatan PkM menunjukkan hasil yang cukup baik, Dimana pada setiap Tujuan Instruksional Khususnya ada perubahan indikator berupa perkembangan yang memuaskan. Peserta memahami aplikasi canva dengan baik. Peserta mengakui bahwa aplikasi canva bermanfaat untuk membantu menyusun modul ajar. Berdasarkan faktor teknis dan faktor pendukung, diketahui bahwa kegiatan bimbingan teknis memberikan perubahan pada pengetahuan dan keterampilan peserta

Keywords


Aplikasi Canva; Media Pembelajaran; Pengembangan Kapasitas; SMPN 11 Bogor

Full Text:

PDF

References


Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan pembuatan materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva kepada guru di kota Medan dan Jayapura secara online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.

Irsan I., Pertiwi A., & Fina R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417.

Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201-206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Rezania Agramanisti Azdy, Yesi Sriyeni, & Yarza Aprizal. (2023). Pelatihan Pengembangan Materi Ajar Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Guru Smk Muhammadiyah 1. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 556–561

Sukamdani, N. B., Sukwika, T., & Sukamdani, H. B. (2023a). Peningkatan Pengetahuan Risiko Dan Bencana Lingkungan yang Bersumber Dari Regulator Tabung Gas Pada Ibu Rumahtangga. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 282-288.

Sukamdani, N. B., Sukwika, T., Sulistyadi, Y., & Eddyono, F. (2024). Pelatihan Aplikasi Kuantitatif SMART-PLS Sebagai Penunjang Menyusun Karya Ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 108-117.

Sukamdani, N. B., Sulistyadi, Y., Sukamdani, H. B., Eddyono, F., &

Sukwika, T. (2023b). Pengenalan Aplikasi SWOT untuk Meningkatkan Kompetensi SDM Hotel Grand Sahid Jaya Saat Mengambil Keputusan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(2), 223-229.

Sukwika, T. (2022). Membuat keputusan kritis dan kreatif. Pemikiran Kritis dan Kreatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sukwika, T. (2023). Evaluasi media pembelajaran. Media Pembelajaran Era Digital. Yogyakarta: Istana Agency.

Suliswaningsih, Arifudin, D. ., Waluyo, R., Fahmi, G. M. ., & Nurrochim, M. S. . (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Paud/Tk Melalui Pelatihan Canva Sebagai Inovasi Media Pembelajaran. Nusantara Hasana Journal, 2(8), 223–231

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, 7(2).

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 2(1), 102-118.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4495

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF – 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hariyadi B. Sukamdani, Tatan Sukwika, Nugroho B. Sukamdani, Yohanes Sulistyadi, Fauziah Eddyono, Reikman Aritonang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.