Digitalisasi Pemasaran dan Inovasi Produk Nanas untuk Mendukung Ekonomi Desa Lembak

Faradillah Faradillah, Muhammad Fadhiel Alie, Endah Dewi Purnamasari, Shafiera Lazuarni

Abstract


Kegiatan Digitalisasi Pemasaran dan Inovasi Produk Nanas untuk mendukung Ekonomi Desa Lembak bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk nanas melalui penerapan pemasaran digital dan diversifikasi produk olahan nanas. Desa Lembak, yang dikenal sebagai penghasil nanas berkualitas, menghadapi tantangan dalam pemasaran produk yang terbatas pada pasar lokal dan kurangnya inovasi dalam produk olahan nanas. kegiatan yang dilakukan lebih berfokus pada pengenalan dan pengembangan produk berbahan dasar nanas. Peserta diberikan pelatihan tentang cara membuat berbagai produk olahan nanas, seperti selai nanas, keripik nanas, sirup nanas, manisan nanas, dan dodol nanas, melalui bimbingan langsung dan praktik di lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan teknologi pemasaran digital kepada petani dan pelaku usaha di desa, serta pengenalan teknik diversifikasi produk nanas menjadi berbagai produk bernilai tambah, seperti selai, dodol, sirup, dan keripik. Pelatihan pemasaran digital difokuskan pada pemanfaatan platform e-commerce dan media sosial untuk memperluas jangkauan pasar, sementara pelatihan pengolahan bertujuan untuk menciptakan produk olahan yang lebih bervariasi dan menarik. Pada akhir sesi kegiatan ini dilakukan evaluasi melalui pengukuran indicator yang dituangkan dalam kuesioner yang dibagikan kepada peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta menggunakan teknologi digital untuk pemasaran, dengan setidaknya 85% peserta berhasil mendaftarkan akun social media dan marketplace untuk memasarkan produk mereka. Selain itu, 90% peserta mengetahui dan memiliki keterampilan baru dalam mengolah lima produk olahan nanas baru. Program ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Desa Lembak, membuka lapangan kerja baru, dan menciptakan keberlanjutan usaha berbasis teknologi. Keberhasilan kegiatan ini akan didokumentasikan dalam laporan yang mencakup evaluasi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi desa


Keywords


Digitalisasi; Desa; Inovasi Produk; Nanas; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Amalyah, A. A., Yudoko, G., Budi, N., Kunci, K., Digital, P., Rantai Pasok, K., … Imaniya, T. (2020). E-commerce Platform Performance, Digital Marketing and Supply Chain Capabilities. International Research Journal of Business Studies |, XIII(01), 63–80. doi:10.21632/irjbs

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-ABDIMAS, 4(2), 68–73.

Faradillah, F., Anggraini, L. D., Purnamasari, E. D., & Alie, M. F. (2023a). PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA UMKM KERUPUK KEMPLANG DESA LEMBAK. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 526–533. doi:10.46576/rjpkm.v4i1.2504

Faradillah, Fadhiel Alie, M., & Saluza, I. (2023b). Pengukuran Kesiapan Penerapan Website eCommerce pada Pelaku UMKM berbasis Teori Penerimaan Teknologi. Jurnal JUPITER (Vol. 15).

Ferry Anggiawan, N. : (2021). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE. Surabaya.

Giunta, C. (2020). Digital Marketing Platform Tools, Generation Z, and Cultural Consideration. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 14(2), 63–75.

Gunanta, R., & Hadian, N. (2019). 8 Imperative E-Commerce:Analisis Kesiapan Pelaku UMKM Kota Bandung Dalam Mengembangkan Industri Kreatif Digital, 11(1), 187–198.

Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131–137. doi:10.30656/jpmwp.v6i2.4052

Kamel Rouibah, & Nabeel Al-Qirim. (2017). FACTORS AFFECTING SOCIAL ECOMMERCE ADOPTION IN AN ARAB COUNTRY: FINDINGS FROM A QUALITATIVE STUDY. Issues In Information Systems, 18(2), 123–135. doi:10.48009/2_iis_2017_123-135

Kurniawati, E., Idris, I., Handayati, P., & Osman, S. (2021). Digital transformation of MSMEs in Indonesia during the pandemic. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 9(2), 316–331. doi:10.9770/jesi.2021.9.2(21)

Kwarteng, M. A., Lerma, D. F. P., Ratilla, M., Novak, P., & Zlamal, L. (2022). EXTENDING THE UTAUT MODEL TO UNDERSTAND THE BARRIERS TOWARDS SME DIGITALIZATION. Serbian Journal of Management, 17(2), 403–424. doi:10.5937/sjm17-37629

Merici Minggu, A., Daniel Manu, C., Nita Christiani, Y., & Kristen Artha Wacana, U. (2023). Pendampingan Pembukuan Sederhana dan Inovasi Produk Pangan Lokal bagi Ibu-Ibu di Desa Oinlasi. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) , 8(1), 18–25. doi:10.21067/jpm.v8i1.8417

R, H. Y., P, B. H., Abdurrahman, A., & P, T. D. (2017). Strategi Pengembangan Produk Unggulan Lintas Wilayah Untuk Mendukung Sistem Inovasi Daerah Di Kabupaten Magetan, Ponorogo, Dan Pacitan, 11(1).

Rahayu, R. R. ., Sari, R. ., Putra, P. D. ., & Purnamasari, E. D. . (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN PENJUALAN KRIPIK NANAS DESA LUBUK ENAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10082–10087. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21055

Saptaputra, E., Basiroen, V. J., & Septian, D. E. (2021). Digitalization of Small Batik Industry: UI/UX design to support Batik Lasem e Commerce. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 794). IOP Publishing Ltd. doi:10.1088/1755-1315/794/1/012121

Solling Hamid, R., & Ikbal, M. (2017). Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310–337. doi:10.12695/jmt.2017.16.3.6

Susanti, S. (2018). KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK KOMODITAS LOKAL BERBASIS KOMUNITAS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA (Studi Kasus FruitsUp, UMKM di Jatinangor). Sosiohumaniora, 20(3), 277. doi:10.24198/sosiohumaniora.v20i3.15590

Teruna, D., & Ardiansyah, T. (2022). Analisis Penjualan Produk online UMKM melalui Marketplace dan E-Commerce dengan pendekatan Binary Logistic Regression, 10, 2022–2204. doi:10.47668/pkwu.v9i1.281




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5286

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.