PENDAMPINGAN RE-BRANDING UMKM GITAR SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN

Wahyu Tri Hastiningsih, A Anditha Sari, Junaedi Junaedi, Ichwan Prastowo

Abstract


Desa Mancasan, Baki Sukoharjo sebagai kawasan sentra industry gitar mulai menggeliat dengan melakukan re-branding dengan nama Java Guitar. Di masa Covid-19 tidak dipungkiri industri ini pun mengalami dampak secara produksi dan penjualan. Berdasarkan permasalahan diatas strategi PPPUD di tahun kedua ini focus terhadap perbaikan produk , implementasi pemasaran dan renovasi showroom.Dari segi produksi dilakukan inovasi terhadap produk gitar yang dihasilkan. Melalui penambahan ornament dan peningkatan jenis bahan baku yang digunakan. Segi pemasaran melakukan re-branding dengan melakukan pameran secara online maupun offline. Pelaksana juga melakukan optimalisasi di sosial media melalui Instagram dan youtube. Pelaksana Bersama mitra juga mempersiapkan katalog, video company profile dan price list sebagai media promosi. Hasil implementasi strategi re-branding merek Java Guitar mulai dikenal di masyarakat dengan adanya peningkatan jumlah followers. Melalui pameran , merek Java Guitar pun diminati dengan meningkatnya jumlah pembelian. Selain mengikuti pameran, Java Guitar pun memperbaharui tampilan showroom agar menarik untuk dikunjungi oleh konsumen


Keywords


sentra gitar, re-branding, UMKM, inovasi

Full Text:

PDF

References


Atmoko, T. P. H. (2018). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769

Bantilan, D. S. I., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. A. (2018). Strategi Re-Branding Zora Radio. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.12110

Cendriyansyah, Y., M.M., A. M., & S.E. (2017). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PerumPerumnas Perumhan Bumi Parahiyangan Kencana Soreang Bandung. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 213–222.

Hastiningsih, W. T. (2015). Peningkatan Sumber Daya Manusia Pengrajin Gitar Sebagai Industri Kreatif Dukuh Kembangan Sukoharjo Jawa Tengah. Hotelier Journal, 1(2), 47–59.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance(Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–7.

Heryanto, J. (2007). Inovasi Pemasaran Untuk Produk Industri. Inasea, 8(1), 32–41. http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Journal/Inasea/Vol

Kurniawan, H., & Wahyurini, O. D. (2016). Perancangan Video Promosi Pasar Seni Tradisional Kumbasari Sebagai Pusat Busana Khas Bali Di Denpasar. Sains Dan Seni ITS, 5(2), 221–26. https://doi.org/10.12962/j23373520.v5i2.20732

Mangifera, L., Pramesti, A. N., & Dewi, S. N. (2016). EFEKTIFITAS KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN SRAGEN. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 43. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2364

Miftahunnajah, F. (2013). Studi Organologi Pembuatan Gitar Klasik Produksi PT. Genta Trikarya Bandung. Swara: Jurnal Pendidikan Musik, 1(3).

Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.9063

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Sherlin, I. (2016). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Industri Kecil dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita, 1(3), 105–112. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.724

Sosianika, A., & Leo, G. (2016). Program Peningkatan Kinerja Pemasaran UKM ( Usaha Kecil Menengah ) Melalui Promosi. Prosiding “Penelitian Dan Inovasi Untuk Mendukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan Di Era Knowledge Based Society,†84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/irwns.v7i0.208

Suwityantini, D. (2018). Manajemen pemasaran karya seni lukis (studi kasus pada pameran seni rupa dan pasar seni art jog). JURNAL EKOBIS DEWANTARA, 1(8), 67–77.

Ulumuddin, D. I. I., Prabowo, D. P., & Haryadi, T. (2016). Katalog sebagai Media Promosi bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan Semarang. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1206

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.939

Article Metrics

Abstract view : 1388 times
PDF – 897 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Tri Hastiningsih, A.Anditha Sari, Junaedi, Ichwan Prastowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.