PENDAMPINGAN RE-BRANDING UMKM GITAR SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN
Abstract
Desa Mancasan, Baki Sukoharjo sebagai kawasan sentra industry gitar mulai menggeliat dengan melakukan re-branding dengan nama Java Guitar. Di masa Covid-19 tidak dipungkiri industri ini pun mengalami dampak secara produksi dan penjualan. Berdasarkan permasalahan diatas strategi PPPUD di tahun kedua ini focus terhadap perbaikan produk , implementasi pemasaran dan renovasi showroom.Dari segi produksi dilakukan inovasi terhadap produk gitar yang dihasilkan. Melalui penambahan ornament dan peningkatan jenis bahan baku yang digunakan. Segi pemasaran melakukan re-branding dengan melakukan pameran secara online maupun offline. Pelaksana juga melakukan optimalisasi di sosial media melalui Instagram dan youtube. Pelaksana Bersama mitra juga mempersiapkan katalog, video company profile dan price list sebagai media promosi. Hasil implementasi strategi re-branding merek Java Guitar mulai dikenal di masyarakat dengan adanya peningkatan jumlah followers. Melalui pameran , merek Java Guitar pun diminati dengan meningkatnya jumlah pembelian. Selain mengikuti pameran, Java Guitar pun memperbaharui tampilan showroom agar menarik untuk dikunjungi oleh konsumen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmoko, T. P. H. (2018). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Bantilan, D. S. I., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. A. (2018). Strategi Re-Branding Zora Radio. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.12110
Cendriyansyah, Y., M.M., A. M., & S.E. (2017). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PerumPerumnas Perumhan Bumi Parahiyangan Kencana Soreang Bandung. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 213–222.
Hastiningsih, W. T. (2015). Peningkatan Sumber Daya Manusia Pengrajin Gitar Sebagai Industri Kreatif Dukuh Kembangan Sukoharjo Jawa Tengah. Hotelier Journal, 1(2), 47–59.
Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance(Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–7.
Heryanto, J. (2007). Inovasi Pemasaran Untuk Produk Industri. Inasea, 8(1), 32–41. http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Journal/Inasea/Vol
Kurniawan, H., & Wahyurini, O. D. (2016). Perancangan Video Promosi Pasar Seni Tradisional Kumbasari Sebagai Pusat Busana Khas Bali Di Denpasar. Sains Dan Seni ITS, 5(2), 221–26. https://doi.org/10.12962/j23373520.v5i2.20732
Mangifera, L., Pramesti, A. N., & Dewi, S. N. (2016). EFEKTIFITAS KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN SRAGEN. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 43. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2364
Miftahunnajah, F. (2013). Studi Organologi Pembuatan Gitar Klasik Produksi PT. Genta Trikarya Bandung. Swara: Jurnal Pendidikan Musik, 1(3).
Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.9063
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Sherlin, I. (2016). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Industri Kecil dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita, 1(3), 105–112. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.724
Sosianika, A., & Leo, G. (2016). Program Peningkatan Kinerja Pemasaran UKM ( Usaha Kecil Menengah ) Melalui Promosi. Prosiding “Penelitian Dan Inovasi Untuk Mendukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan Di Era Knowledge Based Society,†84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/irwns.v7i0.208
Suwityantini, D. (2018). Manajemen pemasaran karya seni lukis (studi kasus pada pameran seni rupa dan pasar seni art jog). JURNAL EKOBIS DEWANTARA, 1(8), 67–77.
Ulumuddin, D. I. I., Prabowo, D. P., & Haryadi, T. (2016). Katalog sebagai Media Promosi bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan Semarang. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1206
Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.939
Article Metrics
Abstract view : 1388 timesPDF – 897 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wahyu Tri Hastiningsih, A.Anditha Sari, Junaedi, Ichwan Prastowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.