Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam
Abstract
Sebuah lembaga sekolah/madrasah akan terus diminati masyarakat manakala ditata/dikelola dengan baik, memberikan pelayanan kepada peserta didik secara maksimal mau menerima aspirasi masyarakat dan yang terpenting produk lulusan lembaga tersebut mampu mandiri dan dapat bersaing di dunia kerja. Untuk mendapatkan hasil (out put) yang maksimal tidak terlepas dari penataan manajemen. Salah satunya adalah manajemen kurikulum yang merupakan ruh (isi) dari delapan standar pendidikan nasional. Kurikulum ini akan menjadi acuan/panduan lembaga sekolah/ madrasah di dalam melaksanakan pembelajaran. Proses penataan kurikulum akan sangat bermanfaat dan semakin memberikan nilai-nilai religius bila dikaitan dengan nilai-nilai pendidikan keislaman. Di dalam tulisan ini akan dikaji mengenai manajemen kurikulum dipandang dari sudut cendikiawan muslim, Alqur’an dan Hadis Rasulillah saw.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.120
Article Metrics
Abstract view : 3079 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 7716 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.