Manajemen Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran PAI bagi anak berkebtuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini ada empat, yaitu: (1) perencanaan pembelajaran telah dibuat oleh guru PAI yang didasarkan pada karakteristik kebutuhan khusus yang dimiliki peserta didik dan didokumentasikan dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI dilakukan dengan strategi pembelajaran yang beragam; pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang variatif; dan pemanfaatan media pembelajaran, (3) evaluasi hasil belajar PAI bagi anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan teknik tes dan nontes, dan (4) terdapat hambatan dalam pembelajaran PAI bersama anak berkebutuhan khusus, yaitu belum maksimalnya kompetensi guru PAI dalam membelajarkan dan minimnya buku pegangan (buku teks) PAI bagi anak berkebutuhan khusus sehingga pembelajaran PAI belum efektif dan efisien.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v2i2.126
Article Metrics
Abstract view : 429 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1264 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.