ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TIME-ACHIVEMENT DIVISON (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan merupakan wadah untuk setiap manusia dapat memperoleh sumber informasi, menjadi wadah untuk belajar, dan serta mengembangkan bakat maupun minat. Salah satu implementasi atau penerapan Pendidikan yang diperoleh peserta didik sehingga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari tidak lain ialah Bahasa Indonesaia.
Sebagian besar pola pembelajaran Bahasa Indonesia masih bersifat transmisif, Dengan adanya permasalahan mata pelajaran bahasa indonesia, Student Teams-Achievement Divisions (STAD), merupakan salah satu model dari pembelajaran koperatif yang sangat cocok untuk dikembangkan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Model Pembelajaran koperatif tipe STAD merupakan salah satu dari tipe pembelajaran koperatif yang menekankan pada adanya siswa yang beinteraksi untuk saling memotivasi serta saling membantu dalam menguasai setiap materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Penggunaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa membaca dan menulis Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Dengan Penggunaan Modelkooperatif Learning Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 217-225.
Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 34-49.
Arfani, Laili. 2016. MENGURAI HAKIKAT PENDIDIKAN, BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. PPkn & Hukum, 11(2), 81-97
Bakri, Y., Barasandji, S., & Syamsuddin, S. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam memahami isi cerita pendek pada siswa kelas V SDN 25 Ampana. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Danuri, Siti Maisaroh. 2019. Metodologi Penelitian Individiual. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
Ellis, S. S. 1979. "Models of Teaching: A Solution to the Teaching Style/Learning Style Dilemma". Educational Leadership, (pp. 274--277.
Habiburrahman, 2006. Diagnosis kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidi Dalam Pendidikan IPA. Jakarta: Depdikbud
Hastuti, E. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpendapat. Jurnal Pesona, 3(2).
Huda , M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hanna, Sundari. 2015. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN PEMEFOLEHAN BAHASA KEDUA/ASING. Pujangga, 1(2), 106-117
Isjoni. 2012. "Efektivitas Model Kooperatif dalam Pelajaran Sejarah di Sekolah". Dalam Isjoni dan M. A. Hj. Ismail, Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia (pp. 145--170). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pane, Aprida. Darwis Dasopang, Muhammad. 2017. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352
Rahdiyanta. Dwi. 2012. PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK). Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. tersedia di http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569341/penelitian/23-penelitian-tindakan- kelas-pengertian-prinsip-karakteristik.pdf
Ratnawati, E. (2016). Karakteristik teori-teori belajar dalam proses pendidikan (perkembangan psikologis dan aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Perkasa.
Saptono. 2003. Prnsip-prinsip Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.Sisdiknas. 2003. UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang system Pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum tersedia di https://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU20-2003-Sisdiknas.pdf dan http://lldikti3.ristekdikti.go.id/html/wpcontent/uploads/2011/04/sisdiknas.pdf
Suparno, Paul. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidik. Anak di SD. Edisi, 1, 1-37. tersedia di http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/uploads/pdfmk/PDGK4403-M1.pdf https://eprints.umk.ac.id/14/5/BAB_III.pdf
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di kutip pada tanggal 10 april pada jam 20:00 di https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/1989/2TAHUN~1989UU.HTM
Y. Sari. 2017. Metode Penelitian. Online. tersedia di http://repo.iain- tulungagung.ac.id/5718/6/Bab%203.pdf di akses pada Senin, 29 Juni 2020 Pukul 03:07 PM WIB
Zulaekha, Z. An Incrase In Skills Concluded Text Reading Trough Model Cooperative Integreted Reading and Composition. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 1184-1188).
DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v7i1.1275
Article Metrics
Abstract view : 164 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.