Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa memiliki motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Guru sebagai penggerak dalam pembelajaran harus berusaha membuat anak didiknya semakin bergairah dalam belajar, banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk lebih mengairahkan siswanya dalam belajar sesuai kompetensi yang harus dimilikinya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar diantaranya: (1) Optimalisasi Penerapan Prinsip Belajar, (2) Optimalisasi Unsur dinamis belajar dan Pembelajaran, (3) Optimalisasi Unsur dinamis belajar dan Pembelajaran, (4) Optimalisai Pemanfaatan Pengalaman dan Kemampuan siswa,(5) Pengembangan cita-cita dan Aspirasi Belajar. Bila guru berupaya untuk melakukan kelima hal tersebut motivasi belajar siswa akan meningkat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v1i1.52
Article Metrics
Abstract view : 5456 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 9350 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.