PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA AUTIS DI SD. MUHAMMADIYAH 02 MEDAN

Ade Irmayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknik ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa autis. Siswa dengan autisme sering kali mengalami kesulitan dalam memfokuskan perhatian dan berinteraksi sosial, yang dapat berdampak negatif pada motivasi dan minat mereka di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melibatkan sejumlah siswa autis di sebuah sekolah inklusi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, serta analisis catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan mengurangi kecemasan pada siswa autis. Aktivitas singkat ini membantu membangun koneksi antara siswa dengan materi pelajaran, serta menstimulasi interaksi positif antara siswa dan guru. Selain itu, konsistensi dalam penggunaan ice breaking juga berperan penting dalam membantu siswa autis beradaptasi dengan rutinitas kelas. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa ice breaking dapat menjadi strategi pedagogis yang signifikan untuk meningkatkan minat, partisipasi, dan keterlibatan akademik siswa autis.

Keywords


Ice Breaking, Minat Belajar, Karakteristik Anak Autis.

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Anggeriyane, E., Fitri, S. Y. R., Dhamayanti, M., & Rakhmawati, W. (2025). Buku Saku Peduli Masalah Mental Emosional Anak Prasekolah Menuju Indonesia Emas 2045. Penerbit NEM.

Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Medan : LPPI

Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 162-171.Sunedi, S., & Syaflin, S. L. (2024). Pengembangan e-modul ajar berbasis etno STEM pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 325-335.

Rachmawati, D. W., Al Ghozali, M. I., Nasution, B., Firmansyah, H., Asiah, S., Ridho, A., ... & Kusuma, Y. Y. (2021). Teori & Konsep Pedagogik. Penerbit Insania.

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73-85.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v8i1.7631

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ade Irmayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.