IMPLEMENTASI METODE TAFAHHUM DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADITS DI MA LAB UINSU

Raudhatul Jannah

Abstract


Penelitian ini mengkaji implementasi metode Tafahhum dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA LAB UINSU, dengan tujuan utama mengeksplorasi pelaksanaan metode Tafahhum sekaligus mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapannya. Subjek penelitian melibatkan guru dan siswa, sementara objek kajian difokuskan pada penggunaan metode Tafahhum dalam konteks pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data melibatkan proses penyuntingan (editing), interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Tafahhum dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA LAB UINSU secara keseluruhan telah berjalan secara optimal. Hal ini tercermin dari pemahaman yang komprehensif dan kemampuan guru dalam menerapkan metode tersebut dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi meliputi antusiasme siswa dalam belajar, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, serta lingkungan pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini menegaskan bahwa metode Tafahhum merupakan pendekatan strategis dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, tidak hanya meningkatkan hafalan siswa tetapi juga memperdalam pemahaman terhadap makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Keywords


Implementation, tafahhum method, learning Al-Qur`an hadith.

References


Akromusyuhada, A. (2018). Seni Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadist. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.1-6

Al-Qaththan, S. M. (2015). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an (A. Z. Akaha & M. Ihsan, Eds.; 12th ed.). Pustaka Al-Kautsar.

Amin, M., & Ramli, M. (2019). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al Qur’an Pada Anak-Anak Di Tpa Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru. Al-Falah: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v19i2.124

FAHRIDA. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (Studi Implementasi Metode Tafahhum Dalam Menghafal Ayat-Ayat Al-Qur’an).

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Paud. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.762

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH : Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pujiana, S., Lisnawati, S., & Kamalludin. (2020). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Menumbuhkan Katrakter Disiplin Siswa Di Smp Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.15204

Rahma, Nurhijatina, H., & Lessy, Z. (2023). Implementasi Talqin, Tafahhum, Tikrar, Muraja’ah Untuk Meningkatkan Motivasi Hafalan Peserta Didik Pada Pembelajaran Hadis. Jurnal Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 22–27. https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/index

RINAWATI. (2020). Implementasi Metode 3t (Tasmi’, Tafahhum, Tikrar) Dan 1m (Muroja’ah) Dalam Mempermudah Menghafal Surat Pendek Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22nd ed.). Penerbit Alfabeta.

Zain, A. (2019). Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur`An Dan Al-Hadits. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1). http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Taujih




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v8i1.7633

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Raudhatul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.