PELATIHAN PEMANFAATAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA YAMARU (YAYASAN MANUEL RUNTU) TOMOHON SULAWESI UTARA
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan setiap hari Jumat mulai tanggal 3 Juni 2022 hingga saat ini, dilakukan atas permintaan Yayasan Yamaru (Yayasan Manuel Runtu), sebuah yayasan yang memberikan kepedulian penuh kasih kepada penyandang disabilitas ganda yaitu disabilitas mental dan fisik. Penyandang disabilitas ganda (tidak dapat melakukan aktivitas apapun), dirawat mulai dari bayi, remaja dan dewasa bahkan sampai meninggal dunia. Karena dianggap tidak berguna, memalukan, dan karena kemiskinan, para penderita ini ditelantarkan oleh orang tuanya. Yayasan Yamaru karena tekanan kemanusiaan secara sukarela tanpa memandang suku, asal dan agama merawat para penderita ini. Perawatan tersebut membutuhkan dana untuk mendukung kegiatan kemanusiaan tersebut. Para Bruder (biksu atau rohaniwan Katolik) dibantu masyarakat sekitar mendirikan berbagai usaha, yaitu pertanian dan perkebunan, pembuatan benda-benda religi Katolik dan pembuatan garmen atau konveksi. Bagaimana usaha mikro ini dapat bertahan dan berkembang sementara manajer yayasan menghadapi akses pasar kapasitas bisnis yang terbatas? Universitas Katolik De La Salle melalui pendekatan multidisiplin melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan untuk memperkuat pemasaran digital bagi para pengusaha mikro yayasan. Metode yang digunakan adalah melalui pelatihan dan pendampingan rutin setiap hari Jumat untuk meningkatkan akses pasar melalui teknologi informasi dan media sosial. Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka dan memperluas jaringan pemasaran dan penjualan produk mereka
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanto, V. D. W., & Wismantoro, Y. (2020). Women Green Entrepreneurs Orientation in Relation with SMEs’ Batik Performance Using Online Social Media. International Journal of Computers, 5(1), 37–51.
Irfan, E., Ali, Y., & Sabir, M. (2022). Analysing role of businesses’ investment in digital literacy: A case of Pakistan. Technological Forecasting and Social Change, 176, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.121484
Kass-Hanna, J., Lyons, A. C., & Liu, F. (2022). Building financial resilience through financial and digital literacy in South Asia and Sub-Saharan Africa. Emerging Markets Review, 51, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ememar.2021.100846
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Sugiantari, N. L. (2020). The utilization of google classroom and zoom meeting as distance learning media in covid-19 pandemic. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3n), 1–10.
Suwana, F., & Lily. (2017). Empowering Indonesian women through building digital media literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 212–217. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.10.004
Tiwasing, P., Clark, B., & Gkartzios, M. (2022). How can rural businesses thrive in the digital economy? A UK perspective. Heliyon, 8(10), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10745
Trinugroho, I., Pamungkas, P., Wiwoho, J., Damayanti, S. M., & Pramono, T. (2022). Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia. Finance Research Letters, 45, 102156. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.frl.2021.102156
Varadarajan, R., Welden, R. B., Arunachalam, S., Haenlein, M., & Gupta, S. (2022). Digital product innovations for the greater good and digital marketing innovations in communications and channels: Evolution, emerging issues, and future research directions. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 482–501. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.002
Verhoef, P. C., & Bijmolt, T. H. A. (2019). Marketing perspectives on digital business models: A framework and overview of the special issue. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 341–349. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2019.08.001
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2490
Article Metrics
Abstract view : 235 timesPDF – 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ivonne Angelic Umboh, Merry Jeanned’Arc Korompis, Patricia Petrus, Loureine P. Sumual, Rafael Sengkey, Steify Sepang, Johanis Timbuleng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.