PELATIHAN PEMANFAATAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA YAMARU (YAYASAN MANUEL RUNTU) TOMOHON SULAWESI UTARA

Ivonne Angelic Umboh, Merry Jeanned’Arc Korompis, Patricia Petrus, Loureine P. Sumual, Rafael Sengkey, Steify Sepang, Johanis Timbuleng

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan setiap hari Jumat mulai tanggal 3 Juni 2022 hingga saat ini, dilakukan atas permintaan Yayasan Yamaru (Yayasan Manuel Runtu), sebuah yayasan yang memberikan kepedulian penuh kasih kepada penyandang disabilitas ganda yaitu disabilitas mental dan fisik. Penyandang disabilitas ganda (tidak dapat melakukan aktivitas apapun), dirawat mulai dari bayi, remaja dan dewasa bahkan sampai meninggal dunia. Karena dianggap tidak berguna, memalukan, dan karena kemiskinan, para penderita ini ditelantarkan oleh orang tuanya. Yayasan Yamaru karena tekanan kemanusiaan secara sukarela tanpa memandang suku, asal dan agama merawat para penderita ini. Perawatan tersebut membutuhkan dana untuk mendukung kegiatan kemanusiaan tersebut. Para Bruder (biksu atau rohaniwan Katolik) dibantu masyarakat sekitar mendirikan berbagai usaha, yaitu pertanian dan perkebunan, pembuatan benda-benda religi Katolik dan pembuatan garmen atau konveksi. Bagaimana usaha mikro ini dapat bertahan dan berkembang sementara manajer yayasan menghadapi akses pasar kapasitas bisnis yang terbatas? Universitas Katolik De La Salle melalui pendekatan multidisiplin melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan untuk memperkuat pemasaran digital bagi para pengusaha mikro yayasan. Metode yang digunakan adalah melalui pelatihan dan pendampingan rutin setiap hari Jumat untuk meningkatkan akses pasar melalui teknologi informasi dan media sosial. Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka dan memperluas jaringan pemasaran dan penjualan produk mereka


Keywords


Digital Marketing; Usaha Mikro; Marketplace

Full Text:

PDF

References


Aryanto, V. D. W., & Wismantoro, Y. (2020). Women Green Entrepreneurs Orientation in Relation with SMEs’ Batik Performance Using Online Social Media. International Journal of Computers, 5(1), 37–51.

Irfan, E., Ali, Y., & Sabir, M. (2022). Analysing role of businesses’ investment in digital literacy: A case of Pakistan. Technological Forecasting and Social Change, 176, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.121484

Kass-Hanna, J., Lyons, A. C., & Liu, F. (2022). Building financial resilience through financial and digital literacy in South Asia and Sub-Saharan Africa. Emerging Markets Review, 51, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ememar.2021.100846

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Sugiantari, N. L. (2020). The utilization of google classroom and zoom meeting as distance learning media in covid-19 pandemic. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3n), 1–10.

Suwana, F., & Lily. (2017). Empowering Indonesian women through building digital media literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 212–217. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.10.004

Tiwasing, P., Clark, B., & Gkartzios, M. (2022). How can rural businesses thrive in the digital economy? A UK perspective. Heliyon, 8(10), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10745

Trinugroho, I., Pamungkas, P., Wiwoho, J., Damayanti, S. M., & Pramono, T. (2022). Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia. Finance Research Letters, 45, 102156. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.frl.2021.102156

Varadarajan, R., Welden, R. B., Arunachalam, S., Haenlein, M., & Gupta, S. (2022). Digital product innovations for the greater good and digital marketing innovations in communications and channels: Evolution, emerging issues, and future research directions. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 482–501. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.002

Verhoef, P. C., & Bijmolt, T. H. A. (2019). Marketing perspectives on digital business models: A framework and overview of the special issue. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 341–349. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2019.08.001




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2490

Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF – 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ivonne Angelic Umboh, Merry Jeanned’Arc Korompis, Patricia Petrus, Loureine P. Sumual, Rafael Sengkey, Steify Sepang, Johanis Timbuleng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.