PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK WAJIK TAPAI MELAYU UNTUK MENEMBUS PASAR EKSPOR
Abstract
Fokus utama dari kegiatan ini adalah bagaimana membantu UMKM Wajik tapai Melayu agar dapat memasarkan produknya menembus pasar ekspor. Pengabdian ini dilaksanakan di kediaman UMKM yang beralamatkan di Jl. Muslimin Desa Pandau Jaya, Riau. Adapun permasalahan mitra ada pada kualitas dan ketahan produk yaitu tekstur produk yang cepat mengeras sebelum habis masa kadaluarsa serta proses produksi yang cukup lama. Cara yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut berupa pedampingan mulai dari diskusi dan menemukan referensi, pelatihan peningkatan kualitas produk, pelatihan efesiensi proses produksi, dan mengevaluasi. Kegiatan ini melibatkan 10 orang yang terdiri dari pemilik UMKM, pegawai, dan tenaga ahli pangan dengan lama nya waktu pengabdian lebih kurang 12 bulan. Hasil dari kegiatan yaitu setelah penggunaan Stabilex BR maka produk dapat bertahan hingga 1 tahun serta memiliki tekstur yang lembut. Pengguaan mesin Crystallization Evaporator mampu menghemat waktu 2 hingga 3 jam serta mampu mengoplah 50 kilogram adonan dan menghasilkan 125 kotak wajik tapai dengan berat bersih 400 gram per kotak. Artinya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi mitra karena dapat meningkatkan kualitas produknya untuk menuju pasar ekspor. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan dapat membantu mitra untuk menuju pasar ekspor dan secarar tidak langsung meningkatkan pendapatan mitra
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adidarma, W. (2015). Strategi Produk Untuk Mengatasi Hambatan Ekspor UKM Industri Kerajinan Indonesia. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/viewFile/409/457
Anam, A. K., Arifin, M., Widiastuti, A., & Arifin, Z. (2019). Peningkatan Daya Saing UKM Rotan Indah Jepara Menuju Pasar Sasaran Ekspor. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 33. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4777
Diyanto. (2017). Hambatan Internasionalisasi Pada UKM Makanan Olahan. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/24570
Faradila, F. (2017). Determining Priority Products Of Small Medium Enterprises For Export Through Trading Houses Enterprises important Small and Medium an
Huda, A. S. (2019). Usaha Peternakan Domba Berbasis Kemitraan Menembus Pasar Ekspor. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner 2019, 23–31.
Idris, I., Sari, R. A., Wulandari, W., & U, W. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools. Teknovasi, 3(1), 66–80.
Karuntu, M., Kojo, C., & Saleleng, N. (2014). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1057–1067. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5773
Kurriwati, N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kupuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 48–55.
Maryanti, S. (2022). Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dan Kemasan Produk di Kelompok Tani Desa Lembah Sari Rumbai Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11089
Maryanti, S., Suci, A., Sudiar, N., & Hardi, H. (2020). Root Cause Analysis for Conducting University ’ S. Jurnal Mananjemen Dan Kewirausahaan, 22(2), 152–160. https://doi.org/10.9744/jmk.22.2.152
Maryanti, S., Sudiar., N., Suci, A. & Hardi. (2019). Konsep OVOP Untuk Mengidentifikasi Produk Unggulan Daerah (Studi Kasus Wajik Tapai Melayu). DINAMISIA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: SPECIAL ISSUES 2 "SEMANGAT PERGURUAN TINGGI MEMBANGUN NEGERI". (3). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i0.2864
Rofifah, D. (2020). Kiat Suskses UKM Menuju Ekspor. In Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Surabaya.
Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA IPHONE (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85–95.
Sihombing, N. L. N. (2018). Model Pendampingan UKM di Kota Tangerang Selatan. Sembadha, 01(01), 84–90.
Sudaryanto, Ragimun, & Winayanti, R. R. (2013). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. 1–29.
Sudiar, N. (2019). Konsep OVOP Untuk Mengidentifikasi Produk Unggulan Daerah (Studi Kasus Wajik Tapai Melayu). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(September), 188–191. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i0.2864
Sukesti, F. and S. I. (n.d.). Pemberdayaan UKM : Meningkatkan Komoditas Unggulan Ekspor UKM Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Daerah (Studi pada UKM di Jawa Tengah). Retrieved April 14, 2023, from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/viewFile/409/457
Sundalangi, M., Mandey, S. L., Jorie, R. J., Produk, K., Produk, K., Iklan, D. T., Potongan, D. A. N., & Terhadap, H. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324. https://doi.org/10.35794/emba.v2i1.3829
Suprihatini, R. (2016). Daya Saing Ekspor Teh Indonesia di Pasar Teh Dunia. Jurnal Agro Ekonomi, 23(1), 1. https://doi.org/10.21082/jae.v23n1.2005.1-29
Tengor Gloria, Kawet Lotje, L. S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 367–375.
Thamrin, M., Wiyanti, R., & Maryanti, S. (2018). Peningkatan Ekonomi Usaha Kecil di Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Diklat Review.
Tumbel, A., & Mokalu, F. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan Cv. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 254–265. https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.7085
Windarto, A. P. (2017). Penerapan Datamining Pada Ekspor Buah-Buahan Menurut Negara Tujuan Menggunakan K-Means Clustering Method. Techno.Com, 16(4), 348–357. https://doi.org/10.33633/tc.v16i4.1447
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3091
Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF – 142 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Maryanti, Nining Sudiar, Afred Suci & Hardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.