PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL DALAM PENJUALAN PRODUK UMKM MELALUI MARKETPLACE DAN WEBSITE
Abstract
Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 berdampak besar pada perekonomian di seluruh dunia. Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling terdampak. Namun di sisi lain, pandemi memunculkan peluang baru dengan meningkatnya aktivitas belanja online masyarakat. Penjualan secara online melalui platform digital saat ini menjadi suatu keharusan bagi pelaku bisnis termasuk UMKM. Namun, penetrasi ke platform digital tidak selalu berjalan mulus bagi UMKM. Pelaku UMKM yang tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM) Kabupaten Bandung, berdasarkan survei yang dilakukan, belum secara optimal memanfaatkan platform digital untuk pemasaran dan penjualan. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan untuk meningkatkan literasi digital pelaku UMKM tersebut. Pelatihan ini bertujuan membantu peserta untuk memahami konsep marketplace dan website gratis serta manfaatnya, dan memberikan keterampilan untuk memulai penjualan online. Berdasarkan hasil evalusi, seluruh peserta menyatakan tertarik dalam memanfaatkan marketplace serta yakin atas kemampuan teknis mereka setelah mengikuti pelatihan. Para peserta lebih memilih memanfaatkan marketplace dibandingkan website untuk membuat toko online gratis karena alasan kemudahan penggunaan. Selain itu para peserta sudah memahami pendekatan multi-channel marketing dimana mereka lebih banyak memilih menggunakan lebih dari satu marketplace untuk memasarkan produk mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andono, F. A., & Girindratama, M. W. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Melalui Platform Sosial Media Dan Marketplace Bagi Umkm Kerajinan Aksesoris. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 178–186. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2359
Arifin, F. F., Hs, M. I., Madani, R., Gunawan, T., & Hendriyanto, R. (2021). SMESPEDIA: Platform Layanan Usaha Kecil Menengah. E-Proceeding of Applied Science :, 7(5), 1345–1351. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/15463%0A
Fauzi, A. A., & Sijabat, Y. P. (2023). Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop di Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 51–62. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jibeka.v2i1.96
Finaka Andrean W. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Makin Tinggi. Retrieved June 15, 2023, from https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi
Firdaus, M., Jahja, F. A., Santosa, G. N., Elbert, G., Hafsari, I., Tanujaya, M. E., Winata, S. T., Raynaldo, T., & Miftahur, P. N. (2023). Strategi dan Pengembangan Pemasaran UMKM Like Cake di Masa Pandemi COVID-19. Abdimasku, 6(2), 309–316. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.817
Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765
Indonesia, C. (2021). Konsumen Belanja Online RI Melonjak 88 Persen pada 2021. Retrieved June 15, 2023, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021#:~:text=Jakarta%2C CNN Indonesia --,yang hanya 17 juta orang.
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.
Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206
Masruroh, R., & Maulana, Y. (2023). LITERASI DIGITALISASI BISNIS BAGI UMKM DI KELURAHAN CIJOHO KECAMATAN KUNINGAN JAWA BARAT. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.1591
Muzakir, M. F. A., Maisaroh, M., & Tatik, T. (2022). Pelatihan E-Commerce Untuk Mendorong Terwujudnya Wirausaha Santri Pada Yayasan ASWAJA Nusantara, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 4(1), 17–24. https://doi.org/10.20885/jamali.vol4.iss1.art3
Palupi, A., Putu Virra Indah Perdanawati, L., Agustiningsih, M., Bintara, R., Dillak, V. J., Pinondang, V., Zakarsi, W., Srihadi, S., & Sukmadilaga, C. (2023). Scale-Up Brand: Upaya Alternatif Keberlanjutan Bisnis Umkm. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(2), 156–167. https://doi.org/10.35814/suluh.v4i2.4365
Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087
Supriyanto, A., & Chikmah, I. F. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee : Menguntungkan yang Mana ? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1(1), 1–16. https://journal.csspublishing.com/index.php/business/article/view/43
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Utama, M. S. T. (2021). 30 Juta UMKM Bangkrut, 7 Juta Orang Kehilangan Kerja. In CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210326124010-92-622407/30-juta-umkm-bangkrut-7-juta-orang-kehilangan-kerja
Wahyunti, S. (2020). Peran Strategis UMKM dalam Menopang Perekonomian Indonesia di Tengah Wabah COVID-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(2), 281–302. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/jesa/article/download/554/582
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3499
Article Metrics
Abstract view : 249 timesPDF – 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kusuma Ayu Laksitowening & Dana Sulitiyo Kusumo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.