PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL DALAM PENJUALAN PRODUK UMKM MELALUI MARKETPLACE DAN WEBSITE

Kusuma Ayu Laksitowening, Dana Sulitiyo Kusumo

Abstract


Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 berdampak besar pada perekonomian di seluruh dunia. Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling terdampak. Namun di sisi lain, pandemi memunculkan peluang baru dengan meningkatnya aktivitas belanja online masyarakat. Penjualan secara online melalui platform digital saat ini menjadi suatu keharusan bagi pelaku bisnis termasuk UMKM. Namun, penetrasi ke platform digital tidak selalu berjalan mulus bagi UMKM. Pelaku UMKM yang tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM) Kabupaten Bandung, berdasarkan survei yang dilakukan, belum secara optimal memanfaatkan platform digital untuk pemasaran dan penjualan. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan untuk meningkatkan literasi digital pelaku UMKM tersebut. Pelatihan ini bertujuan membantu peserta untuk memahami konsep marketplace dan website gratis serta manfaatnya, dan memberikan keterampilan untuk memulai penjualan online. Berdasarkan hasil evalusi, seluruh peserta menyatakan tertarik dalam memanfaatkan marketplace serta yakin atas kemampuan teknis mereka setelah mengikuti pelatihan. Para peserta lebih memilih memanfaatkan marketplace dibandingkan website untuk membuat toko online gratis karena alasan kemudahan penggunaan. Selain itu para peserta sudah memahami pendekatan multi-channel marketing dimana mereka lebih banyak memilih menggunakan lebih dari satu marketplace untuk memasarkan produk mereka.


Keywords


Marketplace; Platform Digital; UMKM; Website Gratis

Full Text:

PDF

References


Andono, F. A., & Girindratama, M. W. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Melalui Platform Sosial Media Dan Marketplace Bagi Umkm Kerajinan Aksesoris. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 178–186. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2359

Arifin, F. F., Hs, M. I., Madani, R., Gunawan, T., & Hendriyanto, R. (2021). SMESPEDIA: Platform Layanan Usaha Kecil Menengah. E-Proceeding of Applied Science :, 7(5), 1345–1351. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/15463%0A

Fauzi, A. A., & Sijabat, Y. P. (2023). Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop di Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 51–62. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jibeka.v2i1.96

Finaka Andrean W. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Makin Tinggi. Retrieved June 15, 2023, from https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi

Firdaus, M., Jahja, F. A., Santosa, G. N., Elbert, G., Hafsari, I., Tanujaya, M. E., Winata, S. T., Raynaldo, T., & Miftahur, P. N. (2023). Strategi dan Pengembangan Pemasaran UMKM Like Cake di Masa Pandemi COVID-19. Abdimasku, 6(2), 309–316. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.817

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765

Indonesia, C. (2021). Konsumen Belanja Online RI Melonjak 88 Persen pada 2021. Retrieved June 15, 2023, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021#:~:text=Jakarta%2C CNN Indonesia --,yang hanya 17 juta orang.

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Masruroh, R., & Maulana, Y. (2023). LITERASI DIGITALISASI BISNIS BAGI UMKM DI KELURAHAN CIJOHO KECAMATAN KUNINGAN JAWA BARAT. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.1591

Muzakir, M. F. A., Maisaroh, M., & Tatik, T. (2022). Pelatihan E-Commerce Untuk Mendorong Terwujudnya Wirausaha Santri Pada Yayasan ASWAJA Nusantara, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 4(1), 17–24. https://doi.org/10.20885/jamali.vol4.iss1.art3

Palupi, A., Putu Virra Indah Perdanawati, L., Agustiningsih, M., Bintara, R., Dillak, V. J., Pinondang, V., Zakarsi, W., Srihadi, S., & Sukmadilaga, C. (2023). Scale-Up Brand: Upaya Alternatif Keberlanjutan Bisnis Umkm. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(2), 156–167. https://doi.org/10.35814/suluh.v4i2.4365

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Supriyanto, A., & Chikmah, I. F. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee : Menguntungkan yang Mana ? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1(1), 1–16. https://journal.csspublishing.com/index.php/business/article/view/43

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Utama, M. S. T. (2021). 30 Juta UMKM Bangkrut, 7 Juta Orang Kehilangan Kerja. In CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210326124010-92-622407/30-juta-umkm-bangkrut-7-juta-orang-kehilangan-kerja

Wahyunti, S. (2020). Peran Strategis UMKM dalam Menopang Perekonomian Indonesia di Tengah Wabah COVID-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(2), 281–302. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/jesa/article/download/554/582




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3499

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF – 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kusuma Ayu Laksitowening & Dana Sulitiyo Kusumo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.