Pelatihan Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Generasi Z

Besti Rohana Simbolon, Prietsaweny Riris T Simamora, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus, Emmelia Arihta Ginting, Elok Perwirawati, Rita Vinoilia Aruan, Viserman Laia, Elia Endo Alfredo Munthe

Abstract


Komunikasi digital yang sehat dilakukan untuk memperkuat kemampuan masyarakat Indonesia dalam empat pilar literasi digital, yaitu keterampilan digital, keamanan digital, budaya digital, dan etika digital. Tujuan pelatihan ini untuk mengajak siswa terlatih membuat konten bermanfaat pada media sosialnya. Metodologi yang digunakan dalam melaksanakan program ini adalah: a) Focus Group Discussion (FGD) dengan siswa SMA Free Metodist; b) metode ceramah dan format tanya jawab melalui narasi lisan atau penjelasan langsung kepada sekelompok siswa SMA Free Metodist; c) memberikan tugas praktek komunikasi digital dalam rangka mendukung pemilu 2024 yaitu membuat video bagi penyelenggara pemilu untuk melaksanakan pemilu secara damai dan kondusif dengan durasi 2-3 menit; d) melakukan evaluasi dengan menilai setiap postingan kelompok siswa di media sosial dan memilih 3 pemenangnya. Berdasarkan pelatihan dan hasil tugas yang telah diberikan, dapat disimpulkan bahwa:1). Siswa/siswi yang mendapat tugas berupa publikasi komunikasi digital di Tiktok telah memahami pentingnya komunikasi digital yang positif dan dapat membuat video tentang pesan Pemilu 2024 agar terlaksana dengan penuh tanggung jawab. 2). Siswa memahami bahwa mereka harus waspada terhadap pesan-pesan yang mereka buat dan ambil dari media sosial serta mengetahui cara menghadapinya agar indeks keamanan digital yang rendah dapat ditingkatkan. 3). Ada 3 kelompok yang mendapatkan hadiah dari 8 kelompok siswa yang membuat publikasi pesan Pemilu di media social TikTok. Saran, pelatihan komunikasi digital, selayaknya dilaksanakan dalam kegiatan sekolah, dengan pemberian tugas sekolah terkait keterampilan literasi digital yang berkaitan dengan mata pelajarannya agar empat pilar literasi digital seperti yang diharapkan pemerintah semakin meningkat setiap tahunnya


Keywords


Generasi Z; Komunikasi Digital; Literasi Digital; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. CNBC Indonesia, 1–1.

Biru, R. C. B., Saepudin, R. C. B., & Sardin. (2020). ANALISIS LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(2), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijace.v2i2.30882

Cahyani, V., Mutiah, N., & Hadari Nawawi, J. H. (2021). ANALISIS TINGKAT LITERASI DIGITAL PADA GENERASI Z DENGAN MENGGUNAKAN DIGITAL COMPETENCE FRAMEWORK 2.1 ( Studi Kasus : Mahasiswa FMIPA UNTAN ). Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 9(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/coding.v9i01.43917

Dhani, G., Idat, S. H., Advisor, M. B. A., Pengendalian, D., Pengawasan, K., Otoritas, P., & Keuangan, J. (2019). Memanfaatkan Era Ekonomi Digital untuk Memperkuat Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI , 38, 5–11.

Fadhol Riyadi, M., Widiastuti Fakultas Psikologi, M., Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No, U., & Tomang Kebun Jeruk, T. (2023). KECENDERUNGAN KECANDUAN SMARTPHONE DITINJAU DARI KONTROL DIRI (STUDI PADA REMAJA DI DKI JAKARTA). “Optimalisasi Potensi Generasi: Membangun Pribadi Yang Tangguh Dalam Berbagai Bidang, 65–76.

Iva, A., & Febriana, D. (2018). DETERMINISME TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TUTUPNYA MEDIA SOSIAL PATH. JURNAL LONTAR, 6, 10–17.

Jatinangor, I., & Sumedang, K. (2020). MANFAAT LITERASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DAN SEKTOR PENDIDIKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Karismawan Prakosa, D., Firmansyah, A., Jenderal Pajak, D., Keuangan Negara STAN, P., & penulis korespondensi, untuk. (2022). APAKAH REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DAPAT MENGHILANGKAN PROFESI AKUNTAN? Jurnalku, 2(3), 316–340.

Kusumastuti, F., Santi, &, Astuti, I., Santi, I., Astuti, Y. D., Astuti, M. A., Birowo, L., Esti, P., Hartanti, N. M., Ras, A., & Kurnia, N. (2021). Etis Bermedia Digital (Vol. 1). https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/tik-literasi-digital/Etis%20Bermedia%20Digital.pdf

Listyanawati, I. (2015). PENINGKATKAN KOMPETENSI DALAM PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD). Jurnal Universitas Sebelas Maret, 24(2), 103–112.

Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2020). Digital Literacy Index of Teenagers in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 215. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050210

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial , 1(2), 202–224.

Putri, I. N., & Syuraini, S. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Metode Tanya Jawab dengan Partisipasi Peserta Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(1), 320–326.

Rahmawati, A. A. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN PEMANFAATAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DI SMP NEGERI 1 JETIS PONOROGO [ INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/26079/1/502210009_AZIZAH%20AKBAR%20RAHMAWATI_MPI.pdf

Redaksi. (2023). Indonesia Nomor Satu di Dunia, Warga RI Sudah Kecanduan Parah. CNBC Indonesia, 1–1.

Simbolon, B. R., Sihombing, B., & Handayani, T. (2021). META-SYNTHESIS OF THE ROLE OF MASS COMMUNICATION IN THE MANAGEMENT OF COVID-19. Jurnal Network Media, 4(1), 1–10. www.who.inthttps://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/article/view/1140/989

Sudoyo, W. (2024). InfoPublik - Peserta Program Literasi Digital Kominfo Capai Lebih dari 24 Juta. InfoPublik, 1–1.

Yustika, G. P., & Iswati, S. (2020). Literasi Digital dalam Pendidikan Formal Daring - Unair News. Dinamika Pendidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.23779




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4376

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF – 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Besti Rohana Simbolon, Prietsawenny Riris T.Simamora, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus, Emmelia Arihta Ginting, Elok Perwirawati, Rita Vinolia Aruan, Viserman Laia, Elia Endho Alfredo Munte

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.