Strategi Peningkatan Kelompok Nelayan Melalui Diversifikasi dan Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut
Abstract
Desa Tanailandu merupakan merupakan desa yang berada di Kabupaten Buton Tengah penghasil rumput laut. Rumput laut dikembangkan dengan memanfaatkan sepanjang Pantai desa oleh kelompok nelayan masyarakat setempat. Namun pengetahuan mitra tentang olahan rumput laut masih minim. Selama ini rumput laut hanya dipanen kemudian dikeringkan dengan cara dijemur setelah itu dijual dengan harga yang tergolong murah, Rp 5000/Kg. Padahal jika diolah nilai jual rumput laut akan menjadi lebih tinggi. Tujuan pengabdian ini adalah berupa strategi peningkatan pendapatan kelompok nelayan rumput laut melalui diversifikasi produk dan pemasaran produk olahan berbahan dasar rumput laut. Kegiatan dilaksanakan mulai dari 20 Agustus sampai 14 September 2024, mitra sasaran sebanyak 20 orang yang merupakan salah satu kelompok nelayan di Desa Tanailandu. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini antara lain: sosialisaasi, pelatihan bidang kemasyarakatan, pelatihan bidang produksi, evaluasi dan keberlanjutan program kegiatan. Hasil yang dicapai dari kegiatan pelatihan bidang sosial kemasyarakatan adalah meningkatnya pemahaman terkait diversifikasi produk bahan olahan rumput laut serta pelatihan cara pengemasan dan promosi hasil olahan rumput laut. Selain itu, hasil pelatihan bidang produksi berfokus pada penerapan teknologi dan inovasi pengemasan produk serta brending olahan rumput laut dan pendampingan kepada mitra dalam penerapan teknologi dan inovasi pemasaran penjualan online olahan rumput laut berupa hasil olahan antara lain : keripik rumput laut, stik rumput laut, bakso rumput laut, dodol rumput laut, kue bolu rumput laut, agar-agar dan mie rumput laut. Hasil olahan tersebut diolah menggunakan mesin. Adapun pemasaran online berupa website pemasaran yang dibuat oleh tim abdimas. Hasil evaluasi dari kuisioner menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mitra bidang sosial kemasyarakatan dan bidang produksi sebelumnya 100% mitra kurang paham menjadi paham mencapai 100%. Peningkatan pendapatan berupa harga jual olahan rumput laut paling rendah Rp20.000 (keripik rumput laut) dan paling tinggi Rp200.000 (bolu rumput laut) per kilogramnya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiharyanto, B., & Zuhdi, S. (2015). Pengaruh Kemasan Produk dan Label Produk Terhadap Keputusan Pembelian. ResearchGate, September.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Rineka Cipta.
BPS. (2020). Produksi dan Nilai Produksi Perikanan Budidaya Menurut Kabupaten/Kota dan Komoditas Utama di Provinsi Sulawesi Tenggara. Badan Pusat Statistik Sultra. https://www.bps.go.id/
Dian Herdiana. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Stiacimahi.Ac.Id, 14(November), 13–25.
Faizin, A., & Kusumaningrum, H. (2023). Review Model-model Evaluasi Program Untuk Pendidikan dan Pelatihan Online. EduManajerial, 1(1), 42–54. https://doi.org/10.15408/em.v1i1.32245
Hudi, L. (2017). Karakteristik Karagenan dari Berbagai Jenis Rumput Laut yang Diproses dengan Berbagai Bahan Ekstraksi. J.Rekapangan, 11(1), 36–42.
Irhandayaningsih, A. (2018). Penerapan Teknologi Produksi dan Perbaikan Kemasan Produk Guna Meningkatkan Nilai Produk Batik Tulis di Kampung Batik Kauman Pekalongan. Anuva, 2(2), 137. https://doi.org/10.14710/anuva.2.2.137-143
Kotler dan Keller. (2013). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Erlangga.
Nastain. (2017). Branding dan Eksistensi Produk. Chanel, 5(1), 14–26.
Roykhan, M. R., Mahfudz, Y., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Strategi Inovasi Dengan Dimensi Orientasi Kepemimpinan, Inovasi Proses, Inovasi Produk, Implementasi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional UKM Sektor Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perbankan Syariah, 2(2), 18–27.
Saputu, M. S., Restele, L. O., & Sawaludin. (2020). Kajian Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir dalam Pelestarian Hutan Mangrove Di Kecamatan Mawasangka. Jurnal Geografi Aplikasi Dan Teknologi (JAGAT), 4(2), 77–84.
Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28
Sudarman, L. (2023). Pengaruh Diversivikasi Produk, Perputaran Modal Kerja Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Maneksi, 12(1), 1–7.
Sudarman, L., Alam, H. S., Ode, W., Budiaty, S., & Yolandari, S. (2022). Sosialisasi Submission Jurnal Penelitian pada E-journal Politeknik Baubau. Abdimas Mahakam, 6(02), 119–125.
Syarifuddin, A., Laban, S., Arsyad, M., Abdullah, N., Bilang, M., & Tahir, M. M. (2018). Diversifikasi Usaha Olahan Rumput Laut Melalui Pembuatan Ekado. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(1), 1–10. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jdp/article/view/5276%0Ahttps://journal.unhas.ac.id/index.php/jdp/article/download/5276/2846
Tjipjono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Bayu Media.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5048
Article Metrics
Abstract view : 8 timesPDF – 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.