Pelatihan Pemrograman C++ Sebagai Bentuk Persiapan OSN-K SMA Tarakanita 2 Jakarta di Bidang Informatika

Eugenius Kau Suni, Stephen Aprius Sutresno, Gregorius Airlangga, Julius Victor Manuel Bata, Billy Macarius Sidhunata

Abstract


Keterampilan pemrograman menjadi kebutuhan penting di era digital, terutama untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dalam kompetisi sains, seperti Olimpiade Sains Nasional tingkat Kota (OSN-K). Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membimbing siswa SMA Tarakanita 2 Jakarta, khususnya 5 siswa dari kelas 10 dan 11 dalam mempersiapkan diri mengikuti OSN-K 2024 bidang informatika melalui pelatihan intensif pemrograman C++. Peserta siswa yang mengikuti pelatihan disini memiliki pengetahuan dasar pemrograman yang bervariasi, mulai dari siswa yang belum memahami dasar pemrograman, dan ada yang sudah mengenal dasar pemrograman di mata pelajaran kelas yang diberikan oleh guru. Metode yang digunakan mengombinasikan pembelajaran teori dan praktik dengan memanfaatkan platform pembelajaran interaktif, seperti TOKI, W3Schools, dan Kattis, serta alat pengembangan Visual Studio Code dan OnlineGDB. Pelatihan dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) selama 6 hari. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, terdapat peningkatan signifikan dalam skor ketepatan jawaban dan algoritma, serta kecepatan waktu pengerjaan soal oleh siswa. Rata-rata peningkatan skor mencapai 11,3 atau 27,8%, sementara waktu penyelesaian soal lebih cepat sebesar 17 detik atau 6,8%. Kegiatan pelatihan ini berhasil memperkuat kesiapan siswa dalam menghadapi OSN-K dan membekali mereka dengan keterampilan pemrograman yang lebih baik untuk masa depan

Keywords


Pemrograman; C++; OSN-K; Pelatihan Siswa

Full Text:

PDF

References


Alifah, A. H., & Widodo, S. (2024). Membuka Kemampuan Computational Thinking Sebagai 21 Century Skills Disiplin STEM. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 100-108. doi:http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i1.21962

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 924-930. doi:https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402

Asfarian, A., Rosa, P. H., Wisnubhadra, I., Mushtofa, & Ramadhan, D. A. (2021). Informatika. Jakarta Selatan: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Elizabeth, T., Tinaliah, Alamsyah, D., & Pratama, D. (2023). Pelatihan Dasar Pemrograman Bahasa C Pada SMK Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate, 3(1), 68-74. doi:https://doi.org/10.35957/fordicate.v3i1.6458

Fardan, M., Rifqie, D. M., Rosidah, Affandi, A., Jayanegara, S., & Fakhri, M. M. (2024). Peningkatan Kompetensi Back End Web Programming: Pelatihan Bahasa Pemrograman JavaScript bagi Mahasiswa. Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 40-48. doi:https://doi.org/10.61220/sipakatau

Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 217-232.

Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(6), 13121-13129.

Juldial, T. U., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136-144. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992

Khusnaeni, A. (2024). Memanfaatkan Teknologi Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi di Sekolah SMK Pembangunan. Netizen: Journal of Society and Business, 1(6), 255-262.

Painem, P., Soetanto, H., Kristanto, D., Solichin, A., & Rusdah, R. (2023). Peningkatan kompetensi algoritma dan pemrograman C/C++ bagi siswa dan siswi SMK YADIKA 4. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v6i4.1689

Prayogi, A., Novanta, N. M., Prabowo, D. S., & Syukron, A. A. (2023). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Bidang IPS bagi Peserta Didik SMP Sederajat di Kabupaten Batang. Amare : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 34-39. doi:https://doi.org/10.52075/ja.v2i2.261

Putri, W. P., Fauziyah, S., Khair, M. U., & Gusmaneli. (2024). Efektivitas Penerapan Teknik Umpan Balik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(4), 1-13. doi:https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i3.1145

Rangkuti, A., & Yahfizham, Y. (2023). Pengenalan Algoritma Pemrograman Dasar Dalam Konteks Pembelajaran Pemrograman Awal. Konstanta : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4), 223-237. doi:https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1714

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212-219. doi:https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Setyawan, D. Y., Rosmalia, L., Nurfiana, & Setiawati, M. G. (2023). Pelatihan Algoritma dan Pemrograman untuk Kompetisi Sains Nasional (OSN) di SMAN 1 Metro. J-Abdi, 2(9), 6255-6260. doi:https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i9.4845

Widodo, T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Wiyoko, T., Megawati, Aprizan, & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67-75. doi:http://dx.doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5101

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF – 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.