Peningkatan Pemahaman Strategi Pemasaran Digital, dan Redesign Kemasan Pada UMKM di Desa Pamokolan Kabupaten Ciamis
Abstract
Desa Pamokolan memiliki berbagai macam UMKM yang dapat membantu perekonomian warga sekitar. Begitu pentingnya keberadaan UMKM di zaman era digital ini, sehingga dibutuhkan upaya dalam peningkatan pemahaman mengenai hal-hal terkait digitalisasi. Sehingga dalam pengabdian ini akan dilakukan sosialisasi terkait strategi pemasaran digital dan redesign kemasan. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman di kalangan pemilik UMKM Desa Pamokolan terkait dengan strategi pemasaran digital dan redesign kemasan. Pengabdian dilakukan pada bulan Agustus 2024 kepada 19 orang pemilik UMKM di Desa Pamokolan. Metode yang dilakukan adalah presentasi dan sosialisasi. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pretest, selanjutnya sosialisasi mengenai strategi digital marketing dan redesign kemasan, dan kemudian dilakukan posttest. Berdasarkan evaluasi diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman mengenai pemasaran digital dan redesign kemasan dengan peningkatan nilai dari rata-rata 55 menjadi 70 atau kenaikan sebesai 27%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan memiliki pengaruh dalam meningkatan pemahaman mengenai pemasaran digital dan redesign kemasan pada pemilik UMKM di Desa Pamokolan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashlihah, A., Wulandari, N. T., & Asaroh, S. I. (2021). Membentuk Jiwa Entrepreneur di Masa Pandemi untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Tinggar. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16-20.
Atmanegara S, Dewa I, Yuda M, Arief MH. (2023). Program Kewirausahaan S, et al. Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM di desa Candijati. Communnity Dev J, 4(3):5958–62
Berlilana B, Utami R, Baihaqi WM.(2020) Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan. Matrix J Manaj Teknol dan Inform, 10(3):87–93.
Fahlevi, R., & Aidnilla Sinambela, F. (2023). Perancangan dan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Harum Bakery Organizing and Implementing Pemasaran digital Strategy for MSMEs Harum Bakery. 3(4), 267–274.
Fatimah SE, Rosnidah I, Hadiyati SN.(2021). Pendampingan Redesign Kemasan dan Pencatatan Laporan Keuangan Bandeng Lelaki. J Abdimas BSI J Pengabdi Kpd Masy. 4(2):319–27.
Hendrayani Y, Manihuruk H. (2020). Redesain Kemasan Dalam Meningkatkan Brand Awarness Produk Unggulan Ukm Cilodong Berkarya. J Bakti Masy Indones, 3(1):212–20.
Indah, Y. M., Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi Umkm. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan Ix,” 9(1), 195–204.
Kustini K, Yuniningsih Y, Winarti S.(2019). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Duri Bandeng Sebagai Bahan Pembuatan Krupuk Stik Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Rungkut Surabaya. Peduli, 2(2):56–65.
Lestari SK, Kadafi MR, Jatnika T, Woelandhary AD, Susanti I.(2023). Workshop Redesign Kemasan Produk UMKM “Ayam Bakekok”. Volume 03 (3), September 2023 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas., 03(September):587–96.
Mavilinda, H., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L., Andriana, I., & Thamrin, K. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17-28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Nurmuhammad, R., & Pamungkas, I. N. (2020). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Sikap Konsumen Game Mobile Pt. Agate International the Influence of Instagram Content To the Consumer Attitude of Mobile Game Pt. Agate International. 7(1), 1752–1767.
Pratiwi, S. L., Andrispa, B., & Prasetya, D. (2023). Perancangan Desain Kemasan Kue Suri Makanan Khas Palembang. MDP Student Conference, 2(2), 587–592. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4506
Rohman, T., Ramadhana, A. W. S., Ulum, T., & Fauzi, A. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Redesain Kemasan Sebagai Upaya Meningkatan Penjualan di Rumah Kopi Banjarsengon Jember. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 63–69.
Universitas, I., Batam, K., & Batam, A. (2023). Perancangan dan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Gardinio Organizing and Implementation the Pemasaran digital Strategies for Gardinio MSMEs * Listia Nurjanah. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 186–192.
Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345
Winarti, S., & Ningsih, Y. (2020). Pelatihan Pengemasan Dan Pelabelan Bandeng Sapit Di UD. Barokah Gunung Anyar Tambak. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.36339/je.v4i1.265
Xiang, & et al. (2015). What Can Big Data And Text Analytics Tell Us About Hotel Guest Experience And Satisfaction. Journal of Hospitality Management Pumplin Collage of Business, 44, 120-130 .
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5173
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF – 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.