Integrasi Teknologi Informasi untuk Ekonomi Digital: Meningkatkan Nilai Ekonomi UMKM Aneka Keripik di Kelurahan Mabar.

Andy Satria, Listya Devi Junaidi, Nandrah Afiati Nasution, Muhammad Fauzi Akbar, Ainisa Zahra, Nahazisokhi Buulolo, Agus Kurniawan

Abstract


Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memerlukan integrasi teknologi informasi dan pengelolaan keuangan yang efektif untuk meningkatkan daya saing dan nilai ekonomi. Namun, UMKM Aneka Keripik Mina Sayo di Kelurahan Mabar belum menerapkan kedua hal tersebut. Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM melalui pembuatan website sebagai media pemasaran digital serta sosialisasi manajemen keuangan. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahap: perencanaan awal yang mencakup identifikasi kebutuhan mitra dan penyusunan rencana kerja, pembuatan website yang melibatkan desain, pengembangan, dan pengujian, sosialisasi berupa pelatihan penggunaan website dan manajemen keuangan, serta tindak lanjut berupa pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa website membantu UMKM memperluas jangkauan pasar secara profesional tanpa hambatan geografis. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada pemahaman dan penerapan teknologi informasi dan manajemen keuangan. Aspek digital marketing seperti interaktivitas, kredibilitas, dan informatif mengalami peningkatan hingga 166,67%, sementara efektivitas perencanaan, penganggaran, evaluasi, dan pengendalian keuangan meningkat sebesar 300%. Dengan pendekatan ini, UMKM dapat meningkatkan daya saing sekaligus keberlanjutan usaha mitra


Keywords


UMKM; Manajemen Keuangan; Pemasaran Digital; Pengabdian Masyarakat; Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Abadi, S., Purnama Sari, R., & Maseleno, A. (2021). Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kecamatan Adiluwih. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–26.

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/JPPMI.V2I2.386

Ariadin, M., & Safitri, T. A. (2021). Perilaku Manajemen Keuangan Pada Umkm Sentra Kerajinan Kayu Di Kabupaten Dompu. Among Makarti, 14(1). https://doi.org/10.52353/AMA.V14I1.203

Cahyana, Y. (2022). Perancangan Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Web Di Desa Bojongsari. In Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA (Vol. 6, Issue 2). https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu

Hermin, H., Machmud, M., & Hasan, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis PT Pos Indonesia. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 208–216. https://doi.org/10.24002/KONSTELASI.V3I1.7027

Hidayah, R. T. (2018). Pengaruh E –Trust Dan Marketing Public Relation Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Pada Pasar E – Commerce (Studi Pada Pelanggan Situs Jual Beli Lazada). Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 2(2). https://doi.org/10.20473/JIET.V2I2.5932

Nawawi, Z. M., Humairoh, J., Pascasarjana Ekonomi Syariah, P., & Sumatera Utara, U. (2022). Strategi Peningkatan Ekonomi dan Tinjauan Ekonomi Islam Masa Covid 19 (Studi Kasus: UMKM di Kota Medan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2027–2035. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5798

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/JRLAB.V9I2.380

Shalahuddin, M. A., & Nurfauizah, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Digital. PROPAGANDA, 3(2), 124–130. https://doi.org/10.37010/prop.v3i2.1607

Sinambela, T. V., Sitanggang, H. P. Br., & Kusumastuti, R. (2023). Analisis Penerapan Proses Akuntansi Manajemen Pada UMKM Tao Toba. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(6), 77–85. https://doi.org/10.47861/JKPU-NALANDA.V1I6.646

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/GJ.V4I1.13906

Suras, M., Darwis, D., & Semaun, S. (2024). Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Pada Usaha Bumbung Indah Kota Parepare (Analisis Manajemen Keuangan Syariah). Moneta: Jurnal Manajemen & Keuangan Syariah, 28–41. https://doi.org/10.35905/MONETA.V2I2.9003

Ulfa, M. (Maria), & Sari, N. R. (Nadia). (2022). Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk Meningkatkan Akuntabilitas pada Usaha Gula Tebu Merah di Dusun Setono Pundung, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sosebi, 2(2), 220–234. https://doi.org/10.21274/SOSEBI.V2I2.6419

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers with Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103

Zainah, I., Cahyana, Y., & Hakim, A. (2023). Pembuatan Website Untuk Umkm Guna Mempermudah Pembelian. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7560–7564. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/4709




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5352

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.