Integrasi Teknologi Informasi untuk Ekonomi Digital: Meningkatkan Nilai Ekonomi UMKM Aneka Keripik di Kelurahan Mabar.
Abstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memerlukan integrasi teknologi informasi dan pengelolaan keuangan yang efektif untuk meningkatkan daya saing dan nilai ekonomi. Namun, UMKM Aneka Keripik Mina Sayo di Kelurahan Mabar belum menerapkan kedua hal tersebut. Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM melalui pembuatan website sebagai media pemasaran digital serta sosialisasi manajemen keuangan. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahap: perencanaan awal yang mencakup identifikasi kebutuhan mitra dan penyusunan rencana kerja, pembuatan website yang melibatkan desain, pengembangan, dan pengujian, sosialisasi berupa pelatihan penggunaan website dan manajemen keuangan, serta tindak lanjut berupa pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa website membantu UMKM memperluas jangkauan pasar secara profesional tanpa hambatan geografis. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada pemahaman dan penerapan teknologi informasi dan manajemen keuangan. Aspek digital marketing seperti interaktivitas, kredibilitas, dan informatif mengalami peningkatan hingga 166,67%, sementara efektivitas perencanaan, penganggaran, evaluasi, dan pengendalian keuangan meningkat sebesar 300%. Dengan pendekatan ini, UMKM dapat meningkatkan daya saing sekaligus keberlanjutan usaha mitra
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi, S., Purnama Sari, R., & Maseleno, A. (2021). Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kecamatan Adiluwih. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–26.
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/JPPMI.V2I2.386
Ariadin, M., & Safitri, T. A. (2021). Perilaku Manajemen Keuangan Pada Umkm Sentra Kerajinan Kayu Di Kabupaten Dompu. Among Makarti, 14(1). https://doi.org/10.52353/AMA.V14I1.203
Cahyana, Y. (2022). Perancangan Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Web Di Desa Bojongsari. In Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA (Vol. 6, Issue 2). https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu
Hermin, H., Machmud, M., & Hasan, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis PT Pos Indonesia. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 208–216. https://doi.org/10.24002/KONSTELASI.V3I1.7027
Hidayah, R. T. (2018). Pengaruh E –Trust Dan Marketing Public Relation Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Pada Pasar E – Commerce (Studi Pada Pelanggan Situs Jual Beli Lazada). Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 2(2). https://doi.org/10.20473/JIET.V2I2.5932
Nawawi, Z. M., Humairoh, J., Pascasarjana Ekonomi Syariah, P., & Sumatera Utara, U. (2022). Strategi Peningkatan Ekonomi dan Tinjauan Ekonomi Islam Masa Covid 19 (Studi Kasus: UMKM di Kota Medan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2027–2035. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5798
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/JRLAB.V9I2.380
Shalahuddin, M. A., & Nurfauizah, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Digital. PROPAGANDA, 3(2), 124–130. https://doi.org/10.37010/prop.v3i2.1607
Sinambela, T. V., Sitanggang, H. P. Br., & Kusumastuti, R. (2023). Analisis Penerapan Proses Akuntansi Manajemen Pada UMKM Tao Toba. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(6), 77–85. https://doi.org/10.47861/JKPU-NALANDA.V1I6.646
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/GJ.V4I1.13906
Suras, M., Darwis, D., & Semaun, S. (2024). Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Pada Usaha Bumbung Indah Kota Parepare (Analisis Manajemen Keuangan Syariah). Moneta: Jurnal Manajemen & Keuangan Syariah, 28–41. https://doi.org/10.35905/MONETA.V2I2.9003
Ulfa, M. (Maria), & Sari, N. R. (Nadia). (2022). Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk Meningkatkan Akuntabilitas pada Usaha Gula Tebu Merah di Dusun Setono Pundung, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sosebi, 2(2), 220–234. https://doi.org/10.21274/SOSEBI.V2I2.6419
Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers with Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103
Zainah, I., Cahyana, Y., & Hakim, A. (2023). Pembuatan Website Untuk Umkm Guna Mempermudah Pembelian. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7560–7564. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/4709
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5352
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.