Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan bagi Pebisnis Kuliner di Palembang Melalui TARRESOPEM

Yusro Hakimah, Yun Suprani, Muhammad Said, Akbar Malik Muharam

Abstract


Palembang merupakan salah satu kota yang memiliki beragam kuliner lezat dan unik. Salah satu kuliner khas Kota Palembang yang memiliki keunikan tersendiril yaitu: model. Model terbuat dari ikan giling.  Salah satu penjualnya adalah Pak Slamet, sehingga gerobak penjualannya disebut model Slamet. Pak Slamet sebagai mitra memiliki 12 gerobak tersebar di Palembang dan memiliki ribuan pelanggan. Akhir-akhir ini jumlah pelanggan yang loyal mengalami penurunan. Penjualan model Slamet di daerah kampus bulan Agustus mengalami penurunan cukup signifikan, seharusnya terjadi peningkatan penjualan karena adanya event perayaan hari kemerdekaan. Untuk memenangkan persaingan, Pak Slamet perlu mempertahankan pelanggan yang loyal dan menambah pelanggan baru. Tujuan PKM ini untuk memberi pengetahuan kepada mitra mengenai pentingnya mempertahankan loyalitas pelanggan, berdasarkan teori dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Penyuluhan menggunakan power point dan tanya jawab. Metode diperkenalkan ke mitra melalui TARRESOPEM. Dalam pelatihan, diberikan materi cara melakukan pelayanan cepat, kesopanan memberi pelayanan, empati, menjaga kebersihan, lokasi dan tempat usaha, pelanggan loyal, rasa makanan, pemasaran, kelembagaan dan manajemen. Hasil evaluasi PKM menunjukkan terjadi peningkatan jumlah pelanggan mitra sebesar 86,7% setelah mempertahankan loyalitas pelanggan, peningkat jumlah produksi sebesar 86,7% dengan menerapkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Pemahaman lokasi penjualan meningkat 100% setelah menerapkan letak lokasi yang mudah dijangkau dan membuat tempat usaha lebih menarik, pemahaman mengenai rasa dari makanan mitra sebesar 100% dengan menambah varian dan rasa dari model yang dijual di setiap gerobak, peningkatan dalam melayani pelanggan dan pemahaman menjaga kebersihan tempat berjualan sebesar 86,7%. peningkatan dalam pemahaman pemasaran sebesar 100% setelah menerapkan pemasaran digital, Model Slamet mampu meningkatkan kerjasama dengan mitra lain dalam pemasaran sebesar 86,7%. Pak slamet dan tim untuk terus melakukan inovasi dalam membuat varian model dan melalukan kerjasama terhadap lembaga-lembaga lain dan memperhatikan event-event yang ada


Keywords


Loyalitas Pelanggan;Model Slamet; Ceramah

Full Text:

PDF

References


Bismo, A., Sarjono, H., & Ferian, A. (2018). The effect of service quality and customer satisfaction on customer loyalty: A study of grabcar services in Jakarta. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 26(T), 33–48.

Dimas, M., Naufal, D., Nalurita, S., & Unsurya, D. M. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1), 23–34. https://doi.org/10.35968/m-pu.v13i1.1022

Fadhilah, R. E., & Nainggolan, B. M. (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Inovasi, 11(1), 150–163. https://doi.org/10.32493/inovasi.v11i1.p150-163.40256

Febryanti, H., & Hasan, F. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Promosi Online terhadap Minat Beli Masyarakat pada Usaha Makanan Online Nasi Madura Pantry’s Kota Pasuruan. Agriscience, 3(1), 164–178. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15240

Friska Mastarida. (2023). Hubungan Kualitas Layanan, Pengalaman Konsumen, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen: Model Konseptual. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 521–526. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.702

Huda, A. N., & Hidayati, R. (2024). MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Pada Konsumen Produk Herbalife di Kota Semarang ). 13, 1–15.

Irawan, E., Maras, J. O., Hulu, M., & Sumbawa, K. (2023). Konsep Strategi Word of Mouth Marketing dalam Peningkatan Pengembangan Bisnis : Suatu Tinjauan Literatur. 1(3), 293–303. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.482

Kristanto, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1), 13–22. https://doi.org/10.21831/jim.v19i1.50173

Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 479–492. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107

Maulana, A. Z., & Sukresna, M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi: Pada Pelanggan Produk Roti Que Bread Di Kota Bogor). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Mujahid, A. R., & Muthohar, M. (2023). Niat Beli Konsumen terhadap Restoran Halal: Studi pada Masyarakat Muslim di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis Dan Manajemen, 02(05), 43–58. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Suprani, Y., Hakimah, Y., & Said, M. (2024). Pengaruh Wom ( Word Of Mouth ) Terhadap Kepuasan Konsumen Dimediasi Oleh Kualitas Pelayanan Di Sincera Clinic Palembang. 13(2), 381–386.

Ummah, M. S. (2019). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN: STUDI KASUS GOLD’S GYM BANDUNG. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yani, T. E., & Prasetyo, I. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Dengan Pelayanan Prima, Customer Relationship Management Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 45. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2331

Zahara, R. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.121

Zainuddin, I., Saifuddin, S., Marwan, M., & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6177

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.